oleh

Maarif Institute Angkat Mading Sekolah Menjadi Platform Digital

Kabartoday, Jakarta – Untuk disiarkan segera Teknologi yang berhasil mengatasi hambatan jarak dan waktu. Alhasil industri digital pun jadi bagian dari gaya hidup banyak orang. Tidak terkecuali kaum millennial yang semakin akrab dengan gawe untuk berkomunikasi dan beraktivitas.

Berangkat dari obrolan ringan antara Oktora Irahadi dan Khelmy Pribadi, Director Program Islam Maarif Institute pada tahun 2017, tercetuslah ide mengangkat majalah dinding (mading) sekolah menjadi platform digital.

“Saat itu kami sedang mengerjakan kampanye jurnalisme kebhinnekaan yang melibatkan pelajar serta mahasiwa dari sekolah maupun kampus di lima kota di Indonesia. Kami melihat persamaan mereka adalah mempunyai sarana komunikasi yang ditempel di sekolah atau kampus masing-masing. Berhubung sekarang sudah era digital, mengapa tidak diperkenalkan juga secara online, ”ungkap Oktora Irahadi, Marketing Director, Cameo Project, sekaligus Inisiator Program MadingSekolah.id, di Jakarta (28/2/2019).

BACA JUGA:  Hore... Hasil Pengumuman SBMPTN Hari Ini

MadingSekolah.id seperti halnya mading konvensional berfungsi sebagai sumber informasi, ajang kreativitas, serta sarana rekreasi. MadingSekolah.id bekerja sama dengan Google, Cameo Project, Maarif Institute, Love Frankie, dan Ruang Guru siap berkomitmen untuk mendukung kreativitas seluruh siswa sekolah dan guru di Indonesia.

Seluruh pelajar di Indonesia dapat memasukkan konten kreatif dalam rupa artikel, desain, animasi, fotografi, hingga video yang bisa dilihat oleh jutaan pasang mata. Dengan fitur yang user friendly, siapa pun bisa berbagi konten di mana saja dan kapan saja.

BACA JUGA:  Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Fixed Broadband

“Fitur yang paling menarik di Madingsekolah.id adalah adanya kesempatan untuk belajar lebih lanjut mengenai jurnalisme, mempraktekkan Drag and Drop Mading Creation, di mana ada tools bagi pelajar untuk membuat Mading secara online dengan cara yang cukup mudah. Kemudian dalam pengembangannya akan ada kuis-kuis lucu dan interaktif yang dapat digunakan oleh para pelajar saat bermain-main di media sosial, ”ulas Khelmy Pribadi, Direktur Program Islam dan Media dari Maarif Institute.

BACA JUGA:  Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Fixed Broadband

Dengan misi menghadirkan sarana komunikasi yang kredibel, MadingSekolah.id diharapkan juga akan menjadi platform bagi generasi muda agar bisa berekspresi dan saling memengaruhi secara positif.

“Saya pribadi berharap para pelajar dapat memanfaatkan platform ini untuk mengembangkan diri serta mempelajari kembali jurnalisme yang baik. Kemudian lebih besar dari itu, mereka bisa menyebarkan hal baik mengenai daerah dan sekolahnya di dunia internet, ”tutup Oktora.(Bbg)

Komentar