oleh

Mencium Aroma Korupsi Rudy Gunawan Minta BPK Segera Periksa Proyek PL

Kabartoday, Garut,- Issue santer seputar dugaan korupsi lingkup DPRD hingga saat ini masih terus diselidiki oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Garut yang beralamat di Jl. Merdeka, Garut.

Sementara itu Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk memeriksa dana proyek pembangunan di Kabupaten Garut yang prosesnya tidak lelang tetapi penunjukan langsung (PL) sehingga bisa terungkap terkait tuduhan “dugaan korupsi di lingkungan DPRD Garut.

“Makanya harus diperiksa yang pekerjaan penunjukan langsung itu, soalnya tidak terawasi,” kata Bupati Garut kepada wartawan, Selasa (9/7/2019).

BACA JUGA:  7 Cara Strategi Management Konflik, Soekirman Narasumber “Talk Show Zero Conflict Leader”

Ia menuturkan, kehadiran BPK diharapkan bisa memeriksa seluruh proyek pembangunan yang dikerjakannya secara lelang maupun ditunjuk langsung agar dapat diketahui nilai kerugian negaranya.

“Selama ini hanya yang lelang-lelang saja yang diperiksanya,” ujar Rudy.

Terkait upaya Kejaksaan Negeri Garut sedang memeriksa penggunaan anggaran di lingkungan DPRD Garut, Bupati menghormati proses hukum tersebut agar bisa terungkap kerugian negaranya.

BACA JUGA:  Polsek Kab Bireuen Minta Keuchik Pasang Spanduk Buat Jokowi

Menurut Rudy, proyek yang dimanfaatkan oleh DPRD Garut berdasarkan pengajuan dari masyarakat yang mekanismenya sesuai perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan, namun jika ada dugaan kesalahan aparat penegak hukum dipersilakan untuk memeriksanya.

Kemungkinan adanya kekeliruan dalam pelaksanaannya, kata Bupati, bisa saja terjadi, karena dilapangan juga banyak pekerjaan yang justru dikerjakan pihak ketiga atau bukan pemborong yang mendapatkan proyek tersebut. “Untuk itu perlu diperiksa, “tandas Rudy.

BACA JUGA:  Satgas Yonif 734/SNS Pos Amaci Ambon Bersama Warga Gelar Jumat Bersih

Sebelumnya, Kejaksaan Negeri Garut saat ini sedang menyelidiki dan memeriksa sejumlah pegawai negeri terkait dugaan adanya tindak pidana korupsi di lingkungan DPRD Kabupaten Garut. *(Alam)

Komentar