oleh

Mendikbud Serahkan Rp 449.4 Miliar DAK Untuk Kabupaten Kampar

 

Kabartoday, Kampar – Bupati Kampar Catur Sugeng susanto menyambut kedatangan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI DR. Aku Muhadjir Effendy, M.AP yang dipusatkan di pusatkan di lapangan pelajar Kantor Camat Bangkinang Kota pada hari Sabtu (9/3/2019).

Kunjungan ini merupakan upaya memajukan pendidikan terutama terkait bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah pusat berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik maupun bantuan Pemerintah (Bantah) yang telah dikucurkan oleh pemerintah Pusat.

Bupati bersama Forkopimda Kampar dan Ribuan guru, murid dan siswa menyambut kedatangan Menteri beserta Rombongan dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

BACA JUGA:  Ketua Srikandi Pekat IB Bersama Ribuan Wanita PPH akan gugat PSBB Jakarta

Dengan kunjungan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini, Kampar siap bersinergi dalam meningkatkan mutu pendididkan di Kabupaten Kampar.

Momentum ini memberikan makna dan motivasi tersendiri bagi Pemkab Kampar agar lebih optimal memajukan pendidkan yang di jiwai semangat kebersamaan, ”kata Bupati Kampar.

Dikatakan Catur, saat ini, kabupaten Kampar memiliki lembaga pendidikan sebanyak 1404 dan satuan pendidkan terdiri dari 424 lembaga PAUD non formal, 350 TK, 492 SD, 131 SMP serta satuan pendidikan dibawah pembinaan Kementerian Agama dengan total siswa sebanyak 131.939 siswa.

BACA JUGA:  Ratusan Ribu Massa Hadiri Munajat 212 di Monas 

Sementara itu jumlah guru sebanyak 10.516 orang yang tersebar di 21 Kecamatan, dengan kondisi ini Pemkab Kampar masih kekurangan guru sebanyak 3.255 untuk guru SD dan SMP.

Pemkab Kampar menyampaikan ucapan syukur atas bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah pusat sebesar Rp. 355,9 Milyar untuk DAK non fisik, Dana Bantuan Pemerintah, dana BOS dan lainnya, begitu juga terhadap Kartu Indonesia Pintar sebesar RP. 22,5 Milyar untuk 51.057 siswa.

BACA JUGA:  Kafe Miras Berkedok Warung Makan, Menjamur di Pantai Cemoro Songo

Pada kesempatan tersebut, Mendikbud menyerahkan Bantuan untuk tahun 2019 sebesar Rp. 449,4 Milyard yang difungsikan sebagai anggaran program Indonesia Pintar, BOS, DAK Fisik, tunjangan guru,, tunjangan profesi guru, tambahan penghasilan guru, bantuan operasional PAUD dan batuan operasional kesetaraan.

Selanjutnya Mendikbud langsung melakukan tamah tamah dengan guru dan siswa penerima, penandatanganan prasasti serta peninjauan pameran.(Pjr)

Komentar