oleh

Menhub Bantah Adanya Penurunan Jumlah Pemudik

-Aktual-132 views

Kabartoday, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membantah adanya penurunan jumlah pemudik moda transportasi. Menurut dia, seluruh moda transportasi mengalami kenaikan jumlah penumpang kecuali transportasi penerbangan.

Berdasarkan catatan Departemen Perhubungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada 6 Juni 2019, jumlah total keberangkatan seluruh moda angkutan hingga H+2 tahun 2019 mencapai 8.194.234 penumpang. Adapun total keberangkatan seluruh moda angkutan pada H+2 2019 mencapai 12.597.377 penumpang.

“Kemarin dibilang (angkutan) darat turun, tetapi kalau ditambahkan moda bus sebetulnya naik. Walaupun naiknya hanya 2 persen,” kata Budi kepada wartawan, di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Kamis (6/6).

BACA JUGA:  Bangunan Warung di Jalan Kemiri Depan Perum Graha Kuncara Dibongkar

Dalam kesempatan tersebut, dia mengunjungi satu persatu kelengkapan terminal mulai dari pembelian tiket hingga Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Selain itu, Budi Karya juga mengajak beberapa Supir Bus dan kondektur untuk makan siang bersama. Para supir menceritakan penghasilan mereka naik saat musim mudik Lebaran.

“Secara umum saya senang, memang hari Lebaran ini bagi pengemudi, saya sebut pahlawan transportasi. Kenapa, di tengah kita senang-senang mereka mengemudi. Kalau mereka tidak bekerja pasti kita punya problem besar, “ucap Budi Karya”.

BACA JUGA:  Forum BPD Dan Kepala Desa Se Kecamatan Buduran Ngopi Bareng Bersama Bupati Sidoarjo

“Data terbaru Kemenhub ada angka penurunan kecelakaan di tahun 2019 , turun drastis 86 % dan skema one way akan diterapkan pada periode mudik Lebaran tahun ini cukup efektif mengurangi kepadatan di jalan tol Trans Jawa. Karenanya, sistem ini akan diberlakukan kembali pada arus balik Lebaran yang diprediksi mencapai puncaknya tanggal 8 dan 9 Juni 2019.

“Untuk arus balik, kita konsisten melakukan one way. Akan dimulai dari Brebes di KM 263 sampai KM 70, kemudian dari KM 70 sampai KM 29 pakai sistem contraflow, “tutur Budi.

BACA JUGA:  Warga Curug Bergabung Bersama PKS Dalam kegiatan Training Orientasi Sekolah Cinta Indonesia

Hal serupa juga diiyakan, Pengamat Transportasi Dion M. Dalam menganalisis arus balik kali ini Pemerintah semakin konsen dengan arus mudik untuk menangani penurunan kemacetan dan keamanan semua memerlukan kerja keras.

“Walaupun jalur pulang one way, pengendara tetap diminta berhati-hati periksa kondisi kendaraan ban, rem dan lainnya, Juga jangan berhenti di tengah-tengah jalan karena juga sudah ada Rest Area meski belum maksimal. “Pesan Dion.(Bbg)

Komentar