oleh

Menjaga kerukunan dan Jalin Silaturahmi Pangdam Jaya Ajak Ngopi Tokoh Lintas Agama se-Jabodetabek

Kabar today, Jakarta,– Dalam rangka pelaksanaan pembinaan antar umat beragama, Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., menggelar acara “Ngopi Bareng Pangdam Jaya” bersama sejumlah tokoh lintas agama Sejabodetabek, bertempat di Aula A Yani, Makodam Jaya, Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu, (24/03/2021)

Kegiatan ngopi bareng yang diadakan Kodam Jaya adalah salah satu upaya pembinaan teritorial TNI AD yang adaptip melalui pembinaan kerukunan umat beragama, guna mencegah konflik sosial antar umat beragama serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.


Dalam acara ngopi bareng hadir tokoh tokoh agama baik Islam, Kristen, Buddha dan Hindu serta Konghucu diantaranya H Safrudin, Bapak Bambang, Marihot S, Nyoman Widi, Sudirman, Lie Supriadi dan beberapa tokoh lainya.

Dalam sambutannya Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman. S,E., M.M., menyampaikan, “Kegiatan ini bertujuan untuk merangkai interaksi dan komunikasi serta berdiskusi tentang banyak hal berikut mencari solusi, terutama persoalan-persoalan krusial yang tengah terjadi di masyarakat, Untuk itu, sudah menjadi kewajiban kita agar terus berupaya memupuk hubungan yang harmonis dilandasi kebersamaan dan persaudaraan yang kuat”, tutur Pangdam Jaya.

Pangdam juga mengingatkan pentingnya berkehidupan berbangsaan dan bernegara dengan berpedoman pada Pancasila karena di dalam sila-sila Pancasila memuat norma kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu kekompakan antar instansi pemerintah, TNI, Polri dan masyarakat menjadi syarat utama dan layak untuk terus kita pertahankan.

Pertemuan ini memberikan bukti Kodam Jaya masih tetap konsisten dalam upaya menanamkan nilai-nilai Nasionalisme dan kecintaan terhadap NKRI, serta mengajak seluruh masyarakat agar bersama-sama mencegah upaya-upaya provokasi dan hasutan yang pada akhirnya dapat menimbulkan perpecahan antar umat beragama dan tidak adanya sinergitas di dalam kerukunan umat beragama serta kekerasan ataupun konflik komunal.

Diakhir sambutannya, Pangdam menyampaikan dengan akan datangnya Bulan Ramadhan yang kurang lebih 20 hari lagi Pangdam mengajak khususnya umat islam untuk laksanakan Ibadah Puasa, Shalat Tarawih, Tadarus Al-Quran dan ibadah-ibadah lainnya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk mencegah terpaparnya Covid-19, pungkas Pangdam Jaya.

Pelaksanaan “Ngopi Bareng” Pangdam Jaya bersama sejumlah tokoh lintas agama sejabodetabek berjalan lancar dengan nuansa penuh keakraban dan bersinergi, dari awal pelaksanaan sampai selesai dengan senantiasa mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.