oleh

Mr Kan: Jokowi Pakai Kaos Oblong Langgar Norma Kesopanan

Kabartoday, Jakarta – Hadir di dalam 5 acara resmi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai kaos oblong. Kita harus pahami di Indonesia berlaku “Norma Kesopanan“, ulas Mr. Kan pengamat hukum dan politik yang sedang naik daun ini pada kabartoday.co.id, Jum’at (29/3/2019).

Menurutnya, seorang Presiden harus selalu dijaga nilai kewibawaannya, karena Presiden adalah kepala Negara yang memimpin 265 juta jiwa dan yang harus memberikan contoh yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai norma kesopanan.

Sama halnya, ketika ada pertanyaan di dalam suatu acara seminar motivasi bisnis. Apakah seorang sales atau merketing harus berpenampilan sopan, rapi dan beretika? jawabannya adalah TIDAK.

“Apabila menjadi “sales Narkoba atau seorang muncikari”. Lain hal jika seorang marketing Property, Sparepart, mobil dan sebagainya, tentu harus berpenampilan sopan, rapi dan beretika, apalagi ini seorang kepala Negara. “Ungkap Mr. Kan.

BACA JUGA:  Gelar Operasi Cipta Kondusif, Polres Serang Kota Sita Puluhan Botol Miras

Lebih lanjut Mr. Kan mengkritisi Presiden Indonesia ke tujuh ini, apabila seorang pemimpin negara berprilaku tidak sopan, maka serasa aib negara terbuka untuk umum. Rasanya hal ini sangat perlu diperbaiki.

“Kita bisa buka profile atau gambar Presiden-Presiden di Negara maju, seperti apa penampilan mereka saat menghadiri acara resmi atau formal. Saya kira pencitraan jangan sampai keterlaluan, sampai-sampai lupa akan norma kesopanan dan tidak menjaga nilai kewibawaan seorang Presiden. “Krikitnya.

Sebelumnya dikabarkan Presiden Joko Widodo pernah lima kali menggunakan kaos oblong di dalam acara-acara resmi.

Seperti dilansir brilio.net, Jokowi meresmikan bandara Soekarno-Hatta. Walaupun hadir di acara resmi. Namun Jokowi tidak memakai pakaian formal seperi jas atau kemeja batik. Ia hanya mengenakan kaos oblong berwarna marun serta sepatu kets saja.

Jokowi memang dikenal sosok yang santai dan sederhana. Meskipun memegang jabatan pemimpin negara, ia tak lantas bergaya mewah. Seringkali presiden ini tertangkap kamera tampil santai hanya memakai kaos oblong dalam aktivitasnya.

BACA JUGA:  Pengamat Politik: SBY Jangan Over Acting Dong

Berikut ini lima momen santai Jokowi saat hanya pakai kaos oblong yang dilansir brilio.net rangkum dari berbagai sumber;

1. Peresmian kereta Bandara Soekarno-Hatta

Jokowi baru saja meresmikan kereta yang menghubungkan beberapa stasiun di Jakarta dengan Bandara Soekarno Hatta. Tidak mengenakan kemeja batik ataupun jas, Presiden Joko Widodo hanya memakai kaos oblong. Tidak juga memakai pantofel, ia hanya mengenakan sepatu kets saja.

2. Mengundang warga Jogja makan malam di Istana jelang pergantian tahun 2018

Jelang pergantian tahun 2017 ke 2018, Presiden Jokowi mengundang warga Jogja secara acak untuk menikmati santap malam di Istana Kepresidenan Yogyakarta. Ia pun tampil santai hanya mengenakan kaos oblong berwarna biru dongker dan menyatu dengan masyarakat.

BACA JUGA:  RR Optimis Prabowo-Sandi Tingkatkan Ekonomi Indonesia Dalam 100 Hari Kerja

3. Malam minggu di Malioboro

Malam sebelum tahun baru, Jokowi bersama putranya, Kaesang, menikmati malam minggu di kawasan Jalan Malioboro. Tak canggung menyapa warganya, Jokowi lagi-lagi hanya mengenakan kaos oblong saja.

4. Menghadiri acara musik We The Fest

Presiden Indonesia ini dikenal sosok yang mencintai musik. Dari musik metal hingga EDM yang sedang booming sekarang ini ia nikmati. Terbukti dengan hadirnya Jokowi di acara musik yang berlangsung pada bulan Agustus 2017 lalu. Jokowi datang ke acara itu dengan mengenakan kaos merchandise resmi dari acara tersebut.

5. Hadir di acara Synchronize Fest

Setelah We The Fest, Joko Widodo juga hadir di acara musik Synchronize Fest pada Oktober lalu. Ia kembali memakai kaos yang menjadi merchandise resmi pada acara ini.(Editor.Op)

Komentar