oleh

Mudahkan Wisatawan, Dua Stasiun KA di Banyuwangi Berganti Nama

Kabartoday, BANYUWANGI – Per 1 Desember 2019, dua stasiun Kereta Api (KA) di Banyuwangi akan berganti nama. Pergantian nama ini untuk mempermudah wisatawan yang datang ke Banyuwangi guna memilih stasiun tujuan yang ada di Banyuwangi. Dua Stasiun itu adalah Stasiun Karangasem dan Banyuwangi Baru.

Humas PT. KAI Daop IX, Luqman Arif, mengatakan pergantian nama dua Stasiun ini merupakan usulan dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kepada PT. KAI.

“Setelah dilakukan rapat direksi, akhirnya usulan perubahan nama ini disetujui,” kata Luqman Arif, disela audiensi dengan Pemkab Banyuwangi, Selasa (23/7/19).

BACA JUGA:  Polsek KPYS Ambon Serahkan Tiga Tersangka Penyelundup Cinabar dan Merkuri ke Jaksa

Luqman Arif menyatakan, Stasiun Karangasem akan berubah nama menjadi Stasiun Banyuwangi Kota. Sementara Stasiun Banyuwangi Baru akan berganti nama menjadi Stasiun Ketapang. Perubahan nama ini akan berlaku bertepatan dengan pemberlakuan grafik perjalanan baru KA per 1 Desember 2019. Perubahan nama juga dilakukan di sistem.

Dia berharap perubahan nama ini akan memudahkan masyarakat khususnya yang dari luar Banyuwangi. Sebab, kata dia, selama ini memang masyarakat banyak yang bingung dengan keberadaan nama Stasiun Karangasem dan Banyuwangi Baru.

“Usulan ini disetujui untuk mendukung Pemkab Banyuwangi memudahkan masyarakat luar yang akan mengunjungi destinasi wisata di Banyuwangi khususnya dengan menggunakan moda transportasi Kereta Api,” bebernya.

BACA JUGA:  Awal Kericuhan Rutan Kelas IIB Siak, Diduga Petugas Memukul Tahanan

Seiring dengan perubahan nama ini, menurut Luqman Arif, akan dilakukan renovasi di Stasiun Karangasem. Renovasi dan perluasan ini sudah diprogramkan untuk meningkatkan pelayanan pada pengguna jasa KA. Peningkatan pelayanan ini bisa dalam bentuk perluasan ruang tunggu, loket dan fasilitas lain.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Ali Ruchi menyatakan, usulan untuk perubahan nama itu dilakukan karena di Banyuwangi ada destinasi wisata internasional adalah Gunung Ijen. Stasiun yang paling dekat dengan gunung ijen juga menjadi stasiun yang juga menjadi stasiun destinasi wisata yaitu Stasiun Karangasem.

BACA JUGA:  H.Ahmadi Terpilih Menjadi Ketua BPC PHRI Sidoarjo Periode 2019-2024

Stasiun ini akan ditreatment untuk lalu lintasnya. Karena jalur menuju Stasiun Karangasem sangat krodit saat kedatangan dan keberangkatan kereta. Kita akan coba menjadi satu jalur.

Jalan akan dilebarkan sedikit dan area parkir akan dikaji untuk dilebarkan. Kearifan lokal juga akan dimasukkan pada bangunan stasiun.

“Stasiun Karangasem ini sebisa mungkin juga menjadi destinasi wisata,” paparnya. (HS)

Caption : Stasiun Karangasem ini akan berganti nama menjadi Stasiun Banyuwangi Kota

Komentar