oleh

Pangdam I/Bukit Barisan Sambangi Satgas Yonif RK 136/TS di Maluku

-Daerah-117 views

Kabartoday, AMBON – Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal (TNI) Mohammad Sabrar Fadhilah menyambangi Batalyon Infanteri Raider Khusus 136/Tuah Sakti di Maluku. Yonif RK 136/TS saat ini sedang melakukan tugas negara sebagai satuan tugas (Satgas)pengamanan daerah rawan (Pamrahwan) di Provinsi Maluku.

Pada Kamis (12/12), Mayjen MS Fadhilah berkesempatan melihat langsung Pos Komando Utama Yonif RK 136/TS di Desa Kairatu, Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Dalam kunjungan itu, Fadhilah didampingi Kepala Staf Kodam XVI/Pattimura Brigjen (TNI) Asep Setia Gunawan, Komandan Korem 151/Binaiya Kolonel Inf Hartono, Komandan Brigade Infanteri 27/Nusa Ina Kolonel Inf Mustaqim, Wakil Bupati SBB Timotius Akerina, Kapolres SBB AKBP Bayu Terima Butar-Butar dan sejumlah pejabat Kodam I/BB dan Kodam XVI/Pattimura.

Saat bertemu dengan para prajuritnya, Fadhilah mengungkapkan apresiasi serta kekagumannya atas pencapaian tugas yang dilaksanakan saat ini. Walaupun baru bertugas enam bulan lebih dari rencana penugasan selama sembilan bulan, namun cukup banyak capaian sasaran serta tujuan penugasan dari Yonif RK 136/TS. Apalagi capaian prestasi ini diungkapkan langsung oleh Wakil Bupati SBB Timotius Akerina serta tokoh masyarakat setempat dan juga penyampaian dari Kasdam XVI/Pattimura.

BACA JUGA:  Kedua Bandar Sabu, DW dan ND Diciduk Polisi
Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah didampingi Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan dan Wakil Bupati Seram Bagian Barat Timotius Akerina

“Kepada seluruh prajurit, saya ucapkan terima kasih. Namun jangan cepat berpuas diri. Tugas kalian kurang lebih tinggal tiga bulan. Jangan cederai apa yang sudah kamu lakukan dengan baik. Sekecil apapun jangan sampai ada tindakan kalian yang membuat luka di hati warga. Sebaliknya, kalian harus membantu atau menolong masyarakat yang membutuhkan. Karena kehadiran kalian untuk itu. Pedomani delapan wajib TNI,” tegas Fadhilah dalam pertemuan bersama prajurit serta tokoh masyarakat di lingkup Kabupaten SBB.

BACA JUGA:  Kadiskominfo Kab Tangerang Sarasehan Bersama Forwat

Perwira Tinggi TNI berpangkat dua bintang itu mengucap syukur atas situasi dan kondisi keaman di daerah penugasan yang semakin membaik. Ia menyadari bahwa prajuritnya tidak akan bisa sendiri menjaga keamanan daerah. Karena itu, mantan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI ini meminta kepada semua pihak untuk turut bersama menjaga dan memelihara situasi ini agar menjadi lebih baik lagi.

“Sesuai undang undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI dijelaskan tugas pokok TNI itu hanya ada tiga, yaitu pertama Menjaga Kedaulatan Negara. Kedua Melindungi Segenap Warga dan ketiga Menjaga Keutuhan Wilayah. Saya bersyukur jika situasinya sudah semakin baik. Itulah yang menjadi tujuan kita. Untuk itu, keamanan yang sudah tercapai baik ini tolong dijaga dengan baik. Ini tanggung jawab kita semua. Supaya cita-cita untuk maju bisa tercapai. Karena syarat mutlak suatu daerah akan maju adalah keamanan yang harus terjaga baik,” tandasnya.

BACA JUGA:  Bengkulu Berduka, #prayforbengkulu
Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah bersama tokoh masyarakat, tokoh adat serta tokoh pemuda Kecamatan Kairatu Kabupaten SBB

Sebelum tiba di Kairatu, Fadhilah meninjau Pos Komando Taktis (Kotis) Yonif RK 136/TS di Desa Waiheru Kota Ambon. Kemudian bertolak menempuh perjalanan laut menggunakan kapal ferri dari dermaga Hunimua Liang ke Dermaga Waipirit Kairatu. Saat menginjakan kaki di dermaga Waipirit, alumni Akademi Militer (Akmil) tahun 1988 ini disambut Wabup SBB Timotius Akerina dengan pengalungan bunga. Sebagai tamu kehormatan, Fadhilah juga disambut dengan tarian pernah khas Maluku yaitu Tari Cakalele.

Kemudian rombongan menuju ke Posko Utama di Kairatu. Disana telah menunggu ratusan prajurit Yonif RK 136/TS serta puluhan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda masyarakat seputaran Kecamatan Kairatu Kabupaten SBB. Saat memasuki tenda utama, ratusan prajurit menyanyikan yel-yel penyemangat menyambut orang nomor satu di Kodam I/Bukit Barisan. Kemudian Mayjen Fadhilah berkesempatan makan bersama dengan semua prajurit serta tamu undangan. (Manuel)

Komentar