oleh

Pangdam XVI/Pattimura Minta Pemuda Perkokoh Rasa Cinta Tanah Air

-Aktual-6 views

Kabartoday, AMBON – Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq meminta para pemuda di Maluku dan Maluku Utara yang merupakan wilayah teritorial Kodam XVI/Pattimura untuk memperkokoh rasa cinta tanah air serta semangat bela negara.

Hal ini Taufiq ungkapkan dalam amanatnya pada upacara pembukaan kegiatan Kemah Bhakti Pemuda Sabtu pagi (13/7) di kawasan wisata pantai Liang Desa Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.

“Kemah Bhakti ini merupakan bagian dari kegiatan karya Bakti Skala Besar dalam rangka Serbuan Teritorial Kodam XVI/Pattimura Tahun 2019 untuk memajukan generasi muda Maluku sebagai salah satu wadah untuk membina dan membentuk generasi muda yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air dan semangat bela negara” ujar Taufiq dihadapan sekitar 1.500 peserta yang terdiri dari siswa/i SMA/SMK serta mahasiswa/i dari beberapa perguruan tinggi di Maluku.

Orang nomor satu di Kodam XVI/Pattimura ini katakan bahwa dalam kegiatan ini, seluruh peserta dibekali berbagai materi diantaranya penyuluhan Bahaya Narkoba, Kesehatan, Pelestarian Lingkungan, Mitigasi Bencana, Penanaman Pohon, Api Unggun, Pemutaran Film Perjuangan maupun kegiatan Outbond.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq menjadi inspektur upacara pada pembukaan Kemah Bhakti Pemuda

Pangdam mengharapkan agar seluruh peserta Kemah Bakti Pemuda mengikuti kegiatan ini dengan baik, hati-hati, penuh semangat dan bertanggung jawab agar kegiatan tersebut mampu menghasilkan efektifitas pembinaan secara menyeluruh di Maluku.

BACA JUGA:  Meski Kecewa, Prabowo Hormati Keputusan MK

“Pembinaan yang bermuara kepada lahirnya generasi muda, generasi penerus bangsa yang siap menerima tongkat estafet kepemimpinan dalam membangun bangsa dan negara khususnya Maluku pada masa yang akan datang,” tandasnya.

Kepada para peserta, perwira tinggi TNI dengan dua bintang emas di pundak ini menyampaikan tiga pesan sekaligus harapannya yaitu Pertama, meminta para peserta dapat mempersiapkan diri dengan terus giat belajar dan aktif melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler seperti kegiatan Kemah Bakti Pemuda ini dengan sungguh-sungguh.

Kedua, menghindari pengaruh-pengaruh negatif yang ada disekitar peserta Kemah bhakti agar tidak terjerumus pada penyalahgunaan narkoba dan minuman keras serta pergaulan bebas yang dapat
menghancurkan kehidupan dan cita-cita masa depan.

“Harapan ketiga, Perkokoh komitmen persatuan dan kesatuan bangsa, dengan cara meningkatkan berbagai kegiatan yang dapat menambah wawasan kebangsaan serta praktek-praktek kepemimpinan sosial yang dapat memperkuat
pembentukan watak kepribadian yang baik,” tukasnya.

Dalam upacara ini, Mayjen TNI Marga Taufiq juga menyematkan pita tanda peserta Kemah Bhakti Pemuda kepada perwakilan peserta.

BACA JUGA:  Von Edison Sebut Walau Menang Elektabilitas, Jokowi Bisa Kalah
Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq menyematkan tanda peserta kegiatan kepada perwakilan peserta

Kemah Bakti Pemuda yang berlangsung hingga hari Minggu (14/07) akan diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari menyanyikan lagu-lagu daerah yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura beserta Kapolda Maluku, Display Drumband Pela Gandong Kodam XVI/Pattimura, pembagian 500 paket sembako gratis untuk masyarakat Desa Liang, Pengobatan umum dan Khitanan massal, pemberian secara simbolis kunci bedah rumah tak layak huni sebanyak 21 unit dan Panggung Hiburan Basudara.

Turut hadir pada upacara pembukaan antara lain Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, serta sejumlah pejabat institusi TNI/Polri maupun sipil lainnya.

Para pemuda dan pemudi peserta kemah bhakti ini juga mendapat kunjungan dari Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail. Dalam arahannya, mantan Komandan Korps Brimob Polri ini meminta para pemuda agar selalu berhati-hati menggunakan media sosial sebagai sarana komunikasi.

Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail mengunjungi kegiatan Kemah Bhakti Pemuda didampingi Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq

“Kita harus selalu berhati-hati dengan penggunaan medsos dan IT. Apalagi saat ini sudah ada aturan hukum atau undang-undang yang mengatur,” terangnya.

BACA JUGA:  PPP Resmi Pecat Romi

Saat itu, Murad Ismail yang pernah juga menjabat Kapolda Maluku memberi inspirasi kepada para pemuda Maluku agar dalam mengejar cita-cita jangan mudah menyerah.

“Orang Maluku itu pintar dan bisa menduduki jabatan penting dan strategis. Tidak usah mencari contoh yang jauh. Contohnya saya yang saat ini bisa menjadi gubernur Maluku. Saya selalu memberikan inspirasi buat orang lain, teman, keluarga tetapi tidak menggurui,” terang Murad.

Ia meminta kepada para peserta agar memanfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin untuk saling mengenal, mengisi serta meningkatkan keakraban sesama generasi muda Maluku.

Selama kemah bhakti berlangsung, para peserta akan mendapatkan materi Outbond, yang berisi materi Matematika Bela Negara, materi Holahoop serta materi Robot Bambu. Kemudian kegiatan Pioneer yang berisi materi Rayapan Tali Satu, materi Jembatan Tali Dua, materi Jembatan Tali Tiga serta materi Jaring Pendarat.

Ada juga materi ceramah dari narasumber yang berkompeten dibidangnya dengan materi Bela Negara, materi mitigasi bencana, materi hukum, materi Proxy War dan materi Medsos Hoax.

Kegiatan kemah bakti ini juga dilaksanakan di beberapa lokasi antara lain markas Kipan D Yonif RK 732/Banau Desa Balbar Kecamatan Oba Kota Tikep, Provinsi Maluku Utara. Ada juga di Desa Lamahang Kecamatan Waplau Kabupaten Buru dan di Desa Ohoider Tawun, Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara. (MAL)

Komentar