oleh

Pecatur Non Master Runner up Turnamen Kapolres Buru Cup

Kabartoday, AMBON – Walau dikeroyok tujuh pecatur bergelar Nasional Master (NM), Andre Pattirane pecatur non master asal Maluku berhasil menjadi runner up pada Kejuaraan Catur Terbuka Piala Kapolres Buru cup tahun 2019.

Pattirane berhasil menjadi juara kedua setelah pada babak enam atau terakhir berhasil mengalahkan lawannya Ruslan, sesama pecatur non master pada hari terakhir gelaran turnamen Rabu (3/7) di bundaran Tugu Tani Kota Namlea Kabupaten Buru.

Perolehan point Pattirane yang berjumlah lima hanya kalah dari pecatur asal Sulawesi Utara NM Boy Tomimomor, sang juara yang memiliki point 5,5. Pattirane pernah bertemu Tomimomor pada babak empat. Hasilnya, Pattirane harus mengakui keunggulan sang juara.

Dari tujuh pecatur bergelar NM, sebanyak enam orang berhasil nangkring di peringkat 10 besar. Satu-satunya NM yang terhempas dari 10 besar adalah NM Achmad Kabau, pecatur asal Kabupaten Buru yang berada di peringkat 16 dengan point empat.

BACA JUGA:  Ombudsman Perwakilan Jatim Observasi Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Banyuwangi
Wakapolres Pulau Buru Kompol Bachri Hehanussa,SE,M.Si menyerahkan piala serta bonus kepada runner up turnamen, Andre Pattirane, pecatur non master asal Maluku.

Urutan peringkat nomor perorangan turnamen catur ini sebagai berikut peringkat 1 NM Boy Tomimomor (5,5), peringkat 2 Andre Pattirane (5), peringkat 3 NM M Said (5), peringkat 4 NM Arthur Paat (5), peringkat 5 Tri Surya (4,5), peringkat 6 NM Raymond Leihitu (4,5), peringkat 7 NM Ishak Rianjar (4,5), peringkat 8 NM Donalto Runtu Ramby (4,5), peringkat 9 Amrin Ali (4,5) dan peringkat 10 adalah pecatur Ichal Kiat (4,5).

Selain nomor perorangan, digelar juga nomor beregu selama lima babak. Keluar sebagai juara 1 Regu Kuda Putih Chess, juara 2 Regu Bupolo II, juara 3 Regu Bursel I dan juara 4 Regu Bupolo I.

BACA JUGA:  Pemuda Kristen Ikut Amankan Sholat Idul Fitri di Ambon

Dalam turnamen catur ini untuk nomor perorangan diikuti 58 pecatur, sementara untuk nomor beregu diikuti sebanyak 15 regu. Setiap regu terdiri dari tiga pecatur. Para pecatur ini berasal dari lima provinsi yaitu Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan Bali.

Usai pengumuman pemenang turnamen Catur Polres Pulau Buru Cup, kegiatan tersebut kemudian ditutup dengan resmi oleh Bupati Buru yang diwakili oleh Asisten II Setda Kabupaten Buru, Abas Pelu.

Dalam sambutan singkat, Pelu katakan turnamen catur ini bukan juara tapi yang intinya perlu partisipasi serta kerjasama bagaimana mempererat tali silaturahmi.

“Karena yang ikut turnament ini bukan hanya pecatur dari Kabupaten Buru melainkan juga dari Provinsi lain yang ada di Indonesia. Saya sangat berikan apresiasi kepada peserta yang datang dari luar Pulau Buru dan ini sekaligus untuk memotivasi kita yang ada di Kabupaten Buru,” ujarnya.

BACA JUGA:  Selamat Jalan Saudaraku Owner Swaradesa.com Ginanjar SH, MH
Wakapolres Pulau Buru Kompol Bachri Hehanussa,SE,M.Si berhadapan dengan NM Donalto Runtu Ramby dalam pertandingan eksebisi turnamen catur Kapolres Buru cup

Acara penutupan ini dihadiri Wakapolres Pulau Buru Kompol Bachri Hehanussa,SE,M.Si serta beberapa pejabat instansi TNI/Polri maupun sipil lainnya.

Adapun hadiah bagi juara baik 1, 2 dan 3 nomor perorangan maupun beregu mendapat piala. Sementara untuk bonus uang pembinaan nomor perorangan peringkat 1 sebesar Rp. 5 juta, peringkat 2 Rp. 3,5 juta, peringkat 3 Rp. 2 juta, peringkat 4 Rp. 1 juta. Peringkat 5-7 sebesar Rp. 500 ribu dan peringkat 8-10 sebesar Rp. 300 ribu.

Bonus uang pembinaan untuk beregu peringkat 1 Rp. 7,5 juta, peringkat 2 Rp. 5 juta, peringkat 3 Rp. 2 juta dan peringkat 4 sebesar Rp. 1 juta. Selain itu semua pemenang mendapatkan Piagam penghargaan. (MAL)

Komentar