oleh

Pelantikan DPRD Kabupaten Blitar Diwarnai Aksi Unjuk Rasa

Kabartoday, BLITAR – Pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar periode 2019-2024 di warnai aksi unjuk rasa, Selasa (27/8/19). Aksi yang berlangsung didepan gedung wakil rakyat tersebut melibatkan puluhan massa.
Mereka tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Pembaharuan Indonesia (GPI).

Dalam orasinya, Ketua LSM GPI, Jaka Prasetya, meminta agar anggota DPRD yang baru dilantik berani menandatangani pakta integritas.

Dikatakan Jaka, DPRD yang memiliki fungsi pengawasan harus maksimal dan berlaku tegas kepada eksekutif dalam hal penggunaan dan penyerapan anggaran.

BACA JUGA:  Kumpulkan Massa, Plt Walkot Blitar Langgar Sosial Distancing Cegah Corona

“Kami minta kepada anggota DPRD sanggup dan bersedia menjalankan tugas legislasi, tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme serta bersedia mencabut perda yang tidak mengandung nilai asas manfaat dan rasa keadilan,” sergahnya.

Selain itu, lanjut Jaka, anggota dewan harus bersedia melaksanakan fungsi pengawasan secara maksimal kepada eksekutif dalam hal penyerapan anggaran, membuat kesepakatan dengan OPD yang disertai sanksi sebagai bentuk konsekuensinya.

BACA JUGA:  Sinetron Pengakuan Bohong Iwan Disuruh Kivlan Zen Terbongkar

Sementara itu usai pelantikan, Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto, kepada media mengatakan, kedepan pihaknya akan mengevaluasi kinerja anggotanya.

“Kita tampung aspirasi rekan-rekan, kita respon untuk evaluasi kinerja kita. Ini untuk kita semua, termasuk anggota dewan yang baru di lantik,” ujarnya.

Suwito juga mengakui minimnya penyerapan anggaran di sejumlah OPD menjadi persoalan. Khususnya penyerapan anggaran untuk pembangunan.

BACA JUGA:  Kades Warureja Sebut 'Wartawan Bodrek... Wartawan TAI, Harus Di Pidanakan

“Kami akan memacu agar semua alat kelengkapan dewan segera terbentuk. Sehingga bisa maksimal dalam melakukan pengawasan penyerapan anggaran,” pungkasnya. (dwi arm) 

Caption : Puluhan massa LSM GPI saat melakukan aksi demo didepan kantor DPRD Kabupaten Blitar

Komentar

News Feed