oleh

Pemuda Kristen Ikut Amankan Sholat Idul Fitri di Ambon

-Daerah, Humanitas-10.704 views

Kabartoday, AMBON – Walau diguyur hujan lebat, umat Islam di Kota Ambon tetap melaksanakan sholat Idul Fitri berjamaah 1 Syawal 1440 Hijriyah yang jatuh pada Rabu (5/6) merayakan kemenangan di seluruh masjid.

Ada yang menarik saat umat muslim melaksanakan sholat di tiga masjid di seputaran kawasan Pohon Mangga, Kelurahan Nusaniwe, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon. Sejumlah pemuda dan pemudi Kristen yang tergabung dalam Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AM-GPM) ranting Bethesda Air Salobar ikut mengamankan jalannya sholat tersebut.

Pantauan media ini, tampak para pemuda dan pemudi Kristen ini ikut berbaur dengan petugas keamanan TNI/Polri bersiaga di sekitar kompleks tiga masjid mengamankan saudara-saudari mereka umat muslim melaksanakan sholat ied. Para pemuda dan pemudi Kristen telah bersiaga sebelum pukul pelaksanaan sholat ied yang dimulai pukul 07.30 WIT. Tujuan mereka hanya satu yaitu ikut memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah sholat ied.

BACA JUGA:  Dua Bersaudara Warga Desa Baru Siak Hulu Ini Ditangkap Polisi

Tiga masjid yang ikut diamankan para pemuda Kristen ini yaitu Masjid Assalamah, Masjid Baitul Makmur dan Masjid Jabal Iman dengan total jemaah yang melaksanakan sholat di tiga masjid tersebut berjumlah sekitar 500 jemaah.

Perkuatan personil pengamanan pelaksanaan sholat Ied di tiga masjid yang letaknya tidak berjauhan ini antara lain satu regu Brimob Polda Maluku, empat personil Polsek Nusaniwe, empat personil Pasukan Reaksi Cepat Satuan Sabhara Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease yang dibantu sejumlah anggota Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Negeri Amahusu, kelompok Polmas Kelurahan Nusaniwe serta AMGPM Ranting Bethesda Jemaat Bethesda.

Secara keseluruhan tugas pengamanan dipimpin Kapolsek Nusaniwe Iptu Pieter F. Matahelumual. Sementara untuk pengamanan swadaya oleh kelompok masyarakat sipil dikoordinir Lurah Nusaniwe Syane Kaya

BACA JUGA:  PT KAI Lebih Profesional Dibanding KPU dan Bawaslu

Kehadiran personil pengamanan swadaya dari Angkatan Muda Kristen ini memperlihatkan bentuk toleransi antar umat beragama yang semakin terjalin akrab di Maluku khususnya di Kota Ambon.

Sejumlah pemuda Kristen berpose dengan Umat Islam usai pelaksanaan Sholat Ied di Masjid Kawasan Pohon Mangga Kelurahan Nusaniwe Kota Ambon, Rabu (5/6). (Foto : Imanuel A)

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Sutrisno Hady Santoso,SIK mengapresiasi kehadiran para pemuda dan pemudi Kristen untuk membantu mengamankan jalannya sholat Ied ini.

“Kami bangga dan mengapresiasi apa yang dilakukan para pemuda Kristen yang ikut membantu pengamanan jalannya pelaksanaan ibadah Sholat Ied di kawasan Pohon Mangga. Kami berterima kasih karena para pemuda Kristen ikut memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Islam dalam ibadah sholat,” jelas Sutrisno melalui Kasubbag Humas Ipda Julkisno Kaisupy.

BACA JUGA:  Persekusi Pasar Buah, Paguyuban Sebut Dapat Rekomendasi Dinas

Menurutnya, hadirnya para pemuda Kristen berperan aktif mengamankan jalannya Sholat Ied ini merupakan salah satu implementasi nyata toleransi umat beragama di Maluku.

“Inilah salah satu bentuk nyata toleransi umat beragama dan kehadiran mereka (pemuda Kristen-red) ikut menciptakan suasana yang harmonis antar umat beragama. Ini salah satu bukti nyata Provinsi Maluku adalah laboratorium kerukunan umat beragama,” tandasnya.

Pelaksanaan ibadah Sholat Ied ini sejak awal hingga berakhir pukul 08.10 WIT pada tiga masjid ini berlangsung dalam keadaan baik serta situasi terpantau dalam keadaan aman dan terkendali.

Usai Sholat Ied para jemaah saat keluar area Masjid tampak berjabat tangan dengan personil keamanan serta para pemuda Kristen yang ikut mengawal jalannya ibadah tersebut. Saling bersalaman dalam suasana harmonis menunjukkan indahnya kebersamaan dalam hidup orang basudara di Maluku. (MAL)

Komentar