oleh

Peringati LH Sedunia, DLH Blitar Gelar Lomba Bank Sampah

Kabartoday, Blitar – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, Krisna Triatmanto mengatakan volume sampah yang semakin hari semakin bertambah akan menimbulkan banyak masalah. Hal ini disampaikannya saat menghadiri acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia (4/7/2019) di Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar.

Dikatakannya, salah satu solusi menyerap sampah adalah dengan cara mengolah dan menjadikannya bahan yang berguna.

“Persoalan sampah memang tak akan ada habisnya, namun ketika kita kelola dengan cara yang tepat seperti dengan sistem bank sampah, justru akan bermanfaat, selain mengurangi polusi udara, menjadikan lingkungan lebih sehat, juga akan memungkinkan mendapat hasil berupa materi. “Ucapnya.

BACA JUGA:  Betawi Bagen Bae Bagikan 320 Masker Gratis Cegah Covid 19

Menurut Krisna, setelah melalui proses pengolahan, semua sampah baik organik ataupun non-organik akan laku di jual kepada pengepul.

Krisna menyebut ada 83 bank sampah di Kabupaten Blitar yang tersebar di beberapa Kecamatan.

DLH Kabupaten Blitar sendiri dijelaskannya telah melakukan dengan berbagai Upaya  mensosialisasi penanganan masalah sampah.

“untuk memotivasi Desa/Kelurahan yang belum memiliki Bank Sampah kita akan ajak diskusi serta lakukan Pembinaan, untuk itu dalam waktu dekat kita akan adakan Lomba Bank Sampah se Kabupaten Blitar. “terang Krisna.

BACA JUGA:  Migas melimpah rakyat masih di subsidi pemerintah

Masih menurutnya, lomba Bank Sampah yang akan di gelar pada tanggal 22 s/d 24 juli nanti, Krisna menyatakan kriteria penilaianya meliputi Sistem Pengolahan sampah, administrasi, kelembagaan, partisipasi masyarakat, jumlah nasabah dan omset/kas bank sampah itu sendiri.

Dinas Lingkungan Hidup (DHL) Kabupaten Blitar selama ini telah memelopori perilaku hidup bersih dengan mewajibkan seluruh Karyawan nya membawa sampah minimal satu kilogram untuk di setor ke Bank Sampah.

BACA JUGA:  Calon Bupati Ini Mampu Satukan Suku Dayak Se Kalimantan

“setiap hari Jumat itu kita wajib bawa sampah minimalnya 1 kilo untuk disetor ke bank sampah. “Ujar Krisna.(Dwi)

Komentar