oleh

Pesan Moral Bersama MUI dan Kapolres Ambon, Ajak Umat Islam Utamakan Persaudaraan

Kabartoday, Ambon – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ambon menghimbau seluruh Umat Islam agar selalu mengedepankan kebersamaan dan persaudaraan sebagai umat manusia yang saling bersaudara satu sama lain dalam mewujudkan stabilitas kamtibmas yang kondusif.

Hal ini disampaikan Ketua MUI Kota Ambon Muhamad Rahanyamtel saat menyampaikan pesan moral untuk selalu menjaga situasi Kamtibmas pasca Pemilu 2019 agar selalu kondusif.

Himbauan moral yang merupakan pernyataan bersama dengan Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Sutrisno Hady Santoso ini dibacakan Rahanyamtel usai acara silaturahmi bersama seluruh ustad dan imam se-Kota Ambon di lantai II Kantor MUI Maluku kawasan Kapaha Ambon Rabu (8/5/2019).

BACA JUGA:  Bertemu JK di Kantor Wakil Presiden, GMKI Komitmen Perangi Intoleransi

“Menyikapi berbagai dinamika sosial politik yang berkembang belakangan ini pasca pelaksanaan Pemilu 2019 maka kami para tokoh agama, ustad dan imam Masjid di Kota Ambon menyampaikan pesan moral agar kita selalu menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif,” ujar Rahanyamtel yang didampingi Kapolres Ambon serta para ustad, imam dan sejumlah tokoh umat islam.

Ini bunyi lima butir pesan moral MUI Kota Ambon yang disampaikan bersama Kapolres Ambon.

Pertama, menegaskan kembali kesepakatan pendiri bangsa dan alim ulama terkemuka bahwa bentuk bangunan yang sejalan dengan islam di bumi Indonesia adalah NKRI. NKRI adalah bentuk negara yang sesuai dengan islam yang Rahmatan lil Alamin di Indonesia dan Pancasila adalah dasar Negara dan falsafah bangsa.

BACA JUGA:  Pentinggya  Protokol Kesehatan Dimasa Pandemi Covid-19, Kapolsek Curug  Bersama TNI POLRI Gelar Operasi Yustisi

Kedua, kami mengajak seluruh umat islam dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2019 agar bersama sama meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT serta menjalin silaturrahmi dan Ukhuwah Islamiyah, menghindari fitnah dan perpecahan serta saling memaafkan diantara kita sebagai sesama bangsa Indonesia.

Ketiga, Kami menghimbau umat Islam untuk bersama-sama mewujudkan stabilitas keamanan dan situasi kondusif, mengedepankan persatuan dan kesatuan, kebersamaan dan persaudaraan sebagai umat manusia yang saling bersaudara satu sama lain.

BACA JUGA:  Perawat RSUD Kab Tangerang Meninggal Tersengat Binatang Jenis Serangga

Keempat, Kami mengajak seluruh umat Islam untuk menghindari segaia bentuk tindakan melawan hukum dan aksi provokasi serta kekerasan dari pihak manapun yang dapat mengganggu persaudaraan sebangsa dan setanah air.

Kelima, Kami mengajak umat Islam untuk senantiasa mentaati tata peraturan dan perundangan yang berlaku di seluruh wilayah NKRI sebagai manifestasi rasa cinta tanah air dalam bingkai NKRI.

Demikian isi pesan moral yang disampaikan dengan harapan dapat menjadi acuan dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat antar sesama umat manusia dalam bingkai NKRI. (MAL)

Komentar