oleh

Polda Maluku Aksi Bersih-Bersih Dua Rumah Ibadah di Ambon

Kabartoday, AMBON – Beberapa hari lagi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan merayakan HUT ke 73. Menyongsong HUT ini, Polda Maluku menggelar bhakti religi membersihkan dua rumah ibadah Rabu (26/6) di Ambon.

Dua rumah ibadah yang disambangi tim bersih-bersih Polda Maluku yaitu Masjid Raya Al-Fatah dan Gereja Maranatha. Total kekuatan personil yang diturunkan di Masjid dan Gereja ini berjumlah 210 orang terdiri dari 90 personil polisi dan 120 personil Bhayangkari daerah Maluku.

Direktur Reserse Narkoba Polda Maluku Komisaris Besar Cahyo Hutomo memimpin kegiatan bhakti religi ini didampingi Wadirreskrimsus Polda Maluku AKBP Harold Huwae. Mereka kemudian berbagi tugas. Cahyo Hutomo memimpin pasukan membersihkan kawasan Masjid Raya Al-Fatah di jalan Sultan Baabullah Kelurahan Honipopu Kecamatan Sirimau Ambon, sementara Huwae memimpin personil di Gereja Maranatha Jalan Pattimura Kelurahan Uritetu Ambon.

BACA JUGA:  Syafii Efendi : Menjadi Seorang Pengusaha Harus Punya Tekad Kuat, Bila Perlu Ditendang Bokongnya

Terkait kegiatan pembersihan di rumah ibadah ini Cahyo Hutomo katakan sebenarnya hal ini kegiatan biasa dan sering dilakukan.

Kombes Pol Cahyo Hutomo, Direktur Resnarkoba Polda Maluku

“Memang ini kegiatan biasa dan sering dilakukan. Namun kebetulan sebentar lagi kita melaksanakan HUT ke 73, maka sebagai rasa terima kasih kami kepada masyarakat atas dukungan selama 73 tahun Polri berdiri, ini kita berikan dharma bakti kita kepada masyarakat dimana salah satunya adalah lewat kegiatan pembersihan di rumah ibadah,” jelasnya di sela-sela kegiatan bhakti di Masjid Al-Fatah.

Mantan Wadirresnarkoba Polda Jawa Barat ini ungkapkan aksi bhakti religi ini tidak hanya dilakukan Polda Maluku saja tetapi juga dilakukan oleh seluruh Polres maupun Polsek di Maluku.

Ia beberkan, kegiatan bhakti religi ini tidak hanya dilakukan sekali saja tetapi akan dilakukan selama beberapa hari ke depan dengan sasaran rumah ibadah lainnya termasuk Pura dan Vihara di Ambon.

BACA JUGA:  Kapolres Pandeglang Berikan Penghormatan Terakhit Kepada Iptu H. Asep Rudiana Wijaya

Alumni Akabri Kepolisian tahun 1992 ini katakan seluruh insan Tri Brata menyadari bahwa mereka berasal dari masyarakat dan satu saat pasti juga akan kembali kepada masyarakat.

“Karena itu, selagi masih ada kesempatan maka pasti insa Kepolisian selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat akan tetap berusaha berbuat yang terbaik kepada masyarakat,” tukasnya.

Lewat kegiatan bhakti religi di rumah-rumah ibadah ini, ia berharap makin mendekatkan institusi kepolisian dengan masyarakat sehingga akan ada dukungan dari masyarakat untuk bersama-sama polisi menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif.

Dalam bhakti religi ini, tampak para personil yang diterjunkan ke Masjid Raya Al-Fatah dan Gereja Maranatha dengan semangat dan gembira menyisir setiap tempat di kawasan kedua rumah ibadah tersebut.

BACA JUGA:  Buntut Intervensi Politik Di Dusun Wael, Pria 51 Tahun Terluka

Mereka mencari dan kemudian memungut sampah-sampah yang berserakan. Saluran air atau got di depan halaman rumah ibadah juga dibersihkan.

Saat tim bersih-bersih ini asyik bekerja di halaman Masjid Raya Al-Fatah, tiba-tiba hadir Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Maluku Ny. Wulan Teguh Sarwono. Kehadiran istri Wakapolda Maluku ini menjadi penyemangat pasukan terutama ibu-ibu Bhayangkari. Mereka makin bersemangat kerja melihat hadirnya pimpinan mereka terjun langsung di lapangan.

Wadirresnarkoba AKBP Harold Huwae ikut memungut sampah di halaman Gereja Maranatha Ambon

Di gereja Maranatha, nampak AKBP Harold Huwae terjun langsung bersama anak buahnya ikut membersihkan sampah yang berserakan.

Huwae yang pernah menjabat Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease ini menenteng kantong plastik untuk menampung sampah yang berserakan.

Setelah dua jam berjibaku dengan sampah di setiap lokasi, diakhir kegiatan tampak halaman kedua rumah ibadah ini bersih dan asri. (MAL)

Komentar