oleh

Polda Maluku Persiapkan Tiga Ruas Jalan di Kota Ambon Jadi KTL

-Daerah-370 views

Kabartoday, AMBON – Kepolisian Daerah (Polda) Maluku melalui Direktorat Lalulintas (Ditlantas) sedang mempersiapkan Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) di Kota Ambon.

Kawasan Tertib Lalu Lintas adalah suatu  kawasan yang dibentuk, dibina, ditetapkan dan diawasi untuk menjadi suatu kawasan lalu lintas yang mengimplementasikan tata cara berlalu lintas pengguna jalan yang baik dan benar sehingga terwujud keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas.

Saat ini, tiga kawasan ruas jalan di Kota Ambon sementara disurvey untuk dijadikan sebagai KTL. Tiga ruas jalan tersebut antara lain Jalan AY Patty, Jalan Pattimura serta Jalan Diponegoro.

Kegiatan survey kelayakan tiga ruas jalan untuk dijadikan KTL, telah dilakukan personil Subdit Kamsel Ditlantas Polda Maluku sejak Kamis (7/1/2021). Survey yang diperkirakan berlangsung satu pekan ini dipimpin langsung PS Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Maluku Komisaris Polisi Mouzes Alfons.

BACA JUGA:  Sikap Arogan Humas Polres Kampar Ditegur Kabid Humas Polda Riau
Kompol Mouzes Alfons, PS. Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Maluku.

Direktur lalulintas Polda Maluku Komisaris Besar Polisi Rahmat Hakim mengatakan pilot project KTL ini merupakan perintah langsung Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Refdi Andri

“Kawasan Tertib Lalulintas ini merupakan perintah pak Kapolda saat berkunjung ke Ditlantas pada Rabu (7/1/2021) kemarin. Karena itu, kita segera persiapkan segala hal menuju KTL tersebut yang dimulai dengan pelaksanaan survey pada tiga ruas jalan yang telah ditentukan,” jelas Hakim melalui Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Maluku Kompol Mouzes Alfons kepada media ini.

BACA JUGA:  Polres Gresik Ungkap Kejahatan Curat dan Curanmor

Dari pelaksanaan survey di ruas jalan AY Patty, Alfons jelaskan masih ada beberapa hal yang perlu dilakukan menuju KTL yaitu pertama, memperbaiki Kerusakan Trotoar disepanjang Jalan AY Patty.

Kedua, pemasangan rambu-rambu lalulintas sesuai peruntukannya; Ketiga, Pemasangan Rambu Batas Kecepatan pada kiri kanan Jalan AY Patty.

Keempat, Perbaikan Papan KTL yang sudah ada agar lebih baik lagi; Kelima, Penambahan penerangan jalan dan Keenam, Parkiran kendaraan roda dua di depan pintu lorong yg dipalang harus di alokasikan ke dalam lorong parkir.

BACA JUGA:  19 PNS Kampar Dipecat Karena Korupsi
Kompol Mouzes Alfons bersama personil Subdit Kamsel Ditlantas Polda Maluku saat survey di jalan AY Patty, Kota Ambon. 

Setelah survey lokasi persiapan KTL, direncanakan akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Mewujudkan Kota Ambon sebagai Ibukota Provinsi yang teratur dan nyaman”.

Peserta FGD ini akan diambil dari instansi yang tergabung dalam Forum Lalulintas dan Angkutan Jalan serta undangan lain dari unsur tokoh agama, tokoh pemuda, BEM perwakilan mahasiswa, TNI serta perwakilan masyarakat. Sementara narasumber FGD akan diambil dari kalangan akademisi, Pemprov Maluku, Pemkot Ambon serta perwakilan tokoh masyarakat.

“Hasil dari FGD ini nantinya akan kita jadikan pijakan untuk rapat koordinasi Forum LLAJ. Dimana masing-masing instansi diminta untuk berkontribusi agar dapat terwujudnya Kota Ambon sebagai Ibu Kota Provinsi yang Teratur dan Nyaman,” tandas Alfons. (MANUEL)

Komentar