oleh

Polda Maluku Tanam Ratusan Anakan Pohon Hijaukan Puncak Gunung Sirimau

Kabartoday, AMBON – Puncak Gunung Sirimau di Desa Soya, Kecamatan Sirimau Kota Ambon bakal makin hijau. Ratusan anakan pohon ditanam Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa beserta ratusan personil Polda Maluku Jumat (3/1/2020).

Kegiatan penghijauan ini dilaksanakan untuk mengimplementasikan program Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yaitu Polri Peduli Penghijauan.

Dipilihnya puncak gunung Sirimau sebagai lokasi penghijauan karena ada salah satu situs bersejarah yang harus dijaga dan dirawat.

Dalam kegiatan penghijauan ini ratusan anakan pohon jenis Matoa, pohon Gandaria yang merupakan salah satu tanaman buah endemik Maluku serta beberapa jenis pohon lainnya.

BACA JUGA:  Wakapolda Banten Pastikan Tahap Pungut Suara dan Penghitungan Pilkades Berjalan Kondusif

Setelah melaksanakan apel pagi, Irjen Pol Royke Lumowa bersama ratusan personil Polda Maluku langsung menuju ke puncak Gunung Sirimau untuk melakukan penghijauan.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Mohamad Roem Ohoirat mengatakan, kegiatan penghijauan dan penanaman ratusan anakan pohon yang dilakukan oleh personil Polda, dibawa pimpinan Kapolda Irjen Pol. Drs Royke Lumowa, guna mewujudkan program Polri Peduli Penghijauan dengan menanam sejuta pohon dari Kapolri.

BACA JUGA:  Sekda Kampar Berikan Waktu Enam Bulan Perbaiki Pelayanan RSUD

“Sesuai instruksi dan perintah Kapolri kepada seluruh personil Polri termasuk di Polda Maluku, untuk menanam sejuta pohon. Dan usai apel pagi tadi, bapak Kapolda, Wakapolda, Irwasda dan pejabat utama serta seluruh personil melakukan kegiatan penanaman pohon diatas puncak gunung Sirimau,” terang Ohoirat Jumat (3/1/2020) di ruang kerjanya.

Dijelaskan, setelah puncak Gunung Sirimau, kegiatan penghijauan akan dilakukan di beberapa lokasi lainnya.

“Bukan saja pohon ditanam tetapi juga dirawat sampai besar, dan itu sesuai perintah bapak Kapolri,” kata mantan Wadirreskrimum Polda Maluku.

BACA JUGA:  Indonesia-Iran Berbagi Praktik Terbaik Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

Ohoirat yang pernah menjabat Kapolres Kepulauan Aru serta Kapolres Maluku Tenggara beberkan, program penghijauan dengan menanam anakan pohon ini selain oleh Polda Maluku juga dilakukan oleh seluruh polres jajaran yang ada di Polda Maluku.

“Jadi tidak hanya untuk di Polda, tetapi seluruh Polres jajaran juga sudah melakukan kegiatan penghijauan dan penanaman pohon. Ada polres yang sudah lakukan sejak beberapa hari lalu,” tandas Ohoirat. (Manuel)

Komentar