oleh

Polda Metro Jaya Grebek Belasan WNA China Pelaku Penipuan di Jakarta Barat

Kabartoday, Jakarta – Polda Metro Jaya (PMJ) berhasil mengamankan para pelaku penipuan pada pukul 16.00 Wib yang dilakukan belasan WNA China di Jl. Anggrek Nely Murni, Blok C dan Mega Kebun Jeruk, Jakarta Barat, Senin (25/11/2019).

Penggerebekan tersebut berhasil dilakukan aparat PMJ dengan mengamankan puluhan pelaku dan alat bukti hand phone.

Dikabarkan, sebuah rumah yang dijadikan lokasi warga negara China untuk menipu warga di negaranya melalui sambungan telepon ini kerap sudah terjadi beberapa bulan lalu.

BACA JUGA:  LSM Kompak Reformasi Curigai Pokja ULP Kabupaten Karawang

Video Terkait

Pantauan di lokasi, aparat langsung mendobrak pintu rumah dan masuk ke dalam rumah tersebut. Aksi polisi ini membuat para pelaku kaget dan kocar-kacir.

Bahkan ada para pelaku yang melarikan diri ke lantai atas hingga meloncat ke atap rumah sebelah. Namun, petugas secara sigap berhasil menangkap para pelaku.

Dalam penggerebekan tersebut diketahui belasan WN China yang ditangkap, dan diantaranya pelaku juga terdapat seorang warga Indonesia. Sampai berita ini diturunkan belum diketahui identitas para pelaku.

BACA JUGA:  Penderita Omfalokel Mendapat Perhatian Bupati Sidoarjo

Pantauan media ini, kondisi di dalam rumah itu tampak kotor tak terawat, dimana bagian rumah banyak digunakan untuk operasi kegiatan para pelaku. Bahkan terlihat sekat-sekat yang didesain seperti pengedap suara.

Selain itu, tampak belasan ponsel seluler yang berada di meja. Ponsel tersebut diduga digunakan para pelaku untuk menipu. Terlihat pula kertas-kertas bertuliskan huruf Mandarin di dinding rumah.

BACA JUGA:  Peredaran Pil Setan (Obat Type G) Bikin Resah Warga Bekasi

Dalam aksinya, para pelaku menghubungi korbannya yang berasal dari China dengan mengaku sebagai polisi. Para pelaku kemudian memberi tahu korbannya ada anggota keluarga yang tengah bermasalah secara hukum di Indonesia. Lalu meminta sejumlah uang untuk jaminan agar dibebaskan.[]Ardi

Komentar