oleh

Polisi Gagalkan Penyelundupan Setengah Ton Miras Ilegal ke Ambon

-Daerah, Hukum-53 views

Kabartoday, AMBON – Sekitar 500 liter atau setengah ton minuman keras (miras) ilegal jenis sopi asal Pulau Seram yang hendak di selundupkan ke Kota Ambon berhasil digagalkan aparat kepolisian.

Setengah ton miras ilegal ini diamankan saat personil Satresnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease menggelar razia di depan pintu keluar masuk pelabuhan penyeberangan ferri Hunimua di Negeri Liang, Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah pada Selasa (1/9/2020).

Hasil razia ini sebanyak 22 karton serta tiga karung kemasan 50 kg berisi sopi dengan total sekitar 500 liter berhasil diamankan personil kepolisian.

BACA JUGA:  Ada Indikasi Tipikor, Para Petambang Galian C di Banyuwangi Bakal Dipanggil Kejari

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang melalui Kasatnarkoba AKP Jufry Jawa mengatakan kegiatan razia ini bertujuan untuk menekan peredaran miras ilegal di wilayah hukum Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

AKP Jufry Jawa, Kasat Narkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

“Kita semua tahu miras ini kerap menjadi pemicu terjadinya tindak pidana serta gangguan Kamtibmas. Karena itu, kita terus berupaya menekan peredaran miras ilegal untuk mereduksi terjadinya tindak pidana maupun gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease,” ujar Jufry kepada media ini di ruang kerjanya Selasa (1/9/2020).

BACA JUGA:  Brimob Maluku Semprot Disinfektan di Wilayah Zona Merah Covid-19 Kota Ambon

Dalam razia ini, setiap kendaraan yang masuk dari dermaga Waipirit Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) melalui dermaga Hunimua dicegat di depan pintu keluar areal pelabuhan.

Satu persatu kendaraan diperiksa barang bawaan oleh personil kepolisian mencari miras ilegal ini. Jika ditemukan barang bermuatan miras ilegal, petugas langsung mengamankan barang tersebut.

Personil Satresnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease sedang memeriksa satu bus AKDP saat razia miras di depan kawasan pelabuhan penyeberangan Hunimua, Negeri Liang, Selasa (1/9/2020).

Ia tegaskan, pihaknya akan terus menerus menggelar kegiatan serupa dimana pun tanpa mengenal waktu untuk memerangi peredaran miras ilegal.

BACA JUGA:  Kritik Jaya Wardhana, Menjual Suara Pemilih Runtuhnya Moral Bangsa

Karena itu, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah hukum Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease agar tidak terlibat mengedarkan miras ilegal karena perbuatan ini melanggar hukum.

Mantan Kasatnarkoba Polres Buru ini juga meminta kepada warga di wilayah lain untuk tidak memasok atau menyelundupkan miras ilegal ke wilayah hukum Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

“Jika kami temukan, maka pasti akan kami tindak tegas sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” tandas Jufri.

Dalam kegiatan razia miras ini, turut terlibat Wakapolsek Salahutu serta empat personil Polsek Salahutu. (Manuel).

Komentar