oleh

Polisi Jadi “Guru”, Personil Bhabinkamtibmas Polsek Aru Tengah Ajar Pengamalan Pancasila Kepada Anak Desa

-Daerah-112 views

Kabartoday, DOBO – Tugas pokok seorang anggota kepolisian pada hakekatnya adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Namun, dalam kerangka menyiapkan warga negara yang cerdas serta menciptakan generasi yang unggul, institusi kepolisian juga tak mau ketinggalan ikut ambil bagian.

Seperti yang dilakukan Briptu Dharmawan Dwi Putra, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Aru Tengah, melaksanakan kegiatan mengajar Anak Desa Komplek Selibata-bata Kecamatan Aru Tengah, Kabupaten Kepulauan Aru.

Kegiatan belajar ini dilaksanakan Minggu (10/1/2021) pukul 10.00 WIT di Rumah Siswa SMP Krisya S Mangar, Kompleks Selibata.

BACA JUGA:  Polrestro Bekasi Kota, Mendapat Penghargaan Dari Ombudsman RI

Salah satu tujuan kegiatan belajar ini adalah untuk mempersiapkan anak anak desa Selibata agar pada waktunya ikut membangun negeri dan Menjadikan Penerus Bangsa Yang Unggul.

Materi pembelajaran yang dibawakan personil Bhabinkamtibmas adalah untuk Mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari sehari.

Briptu Dharmawan Dwi Putra bersama anak-anak Desa saat belajar bersama.

Bentuk pembelajaran yang dilakukan Briptu Dharmawan adalah dengan program belajar anak sambil membaca untuk menuju Indonesia pintar di tengah Pandemi Covid 19.

Dengan program pembelajaran ini, Briptu Dharmawan mampu mengurangi aktivitas bermain anak-anak desa di tengah situasi Pandemi Covid 19.

Dalam program belajar anak ini, Bhabinkamtibmas tetap melaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan antara lain selalu menjaga jarak,selalu memakai masker dan mencuci tangan.

BACA JUGA:  H+5 Idul Fitri, Dit Samapta Polda Banten Gelar Pengamanan Pusat Keramaian

Saat pembelajaran tersebut, Bhabinkamtibmas juga menyampaikan pesan pesan Kamtibmas untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat demi kenyamanan bersama.

Kegiatan belajar terhadap anak-anak desa yang dilakukan Bhabinkamtibmas ini berlangsung sekitar 30 menit.

Kepala Bagian Operasi Polres Kepulauan Aru AKP Florensius Teddy mengapresiasi kegiatan yang dilakukan personil Bhabinkamtibmas ini.

AKP Florensius Teddy,SH,S.IK – Kabag Ops Polres Kepulauan Aru.

“Memang tugas pokok polisi adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Namun kami juga merasa terpanggik untuk ikut ambil bagian dalam program mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satunya dengan cara yang dilakukan personil kami ini,” ungkap Teddy.

BACA JUGA:  Satuan Sabhara Polres Cilegon Kembali Lakukan Penyemprotan Disinfektan Di Sepanjang Jalan Protokol

Menurutnya, bentuk polisi jadi “guru” ini bertujuan yaitu pertama, mendukung bidang pendidikan untuk tetap dan senantiasa berusaha memberi pengetahuan pada seluruh lapisan masyarakat termasuk anak anak.

Kedua, menyiapkan Warga Negara yang Cerdas; ketiga, menciptakan Generasi Yang Unggul; keempat, menimba Ilmu Pengetahuan dan kelima, untuk mencapai cita cita di masa Depan.

Teddy berharap, apa yang dilakukan Briptu Dharmawan ini bisa juga dilakukan oleh personil Bhabinkamtibmas yang lain di jajaran Polres Kepulauan Aru untuk membantu mempersiapkan generasi cerdas anak-anak pelajar di Kabupaten Kepulauan Aru. (Manuel)

Komentar