oleh

Polisi Peduli Lingkungan, Polsek KPYS Ambon Bersihkan Sampah Pelabuhan

-Daerah-291 views

Kabartoday, Ambon – Aparat Polsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon menggelar bakti sosial membersihkan sampah di sekitar dermaga Pelabuhan Siwabessy di Kawasan Gudang Arang Kelurahan Benteng Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Kerja bakti yang merupakan salah satu bentuk kepedulian polisi terhadap kebersihan lingkungan ini dilaksanakan Jumat (5/4).

Sebanyak 20 personil Polsek KPYS Ambon yang dipimpin Kapolsek AKP Florensius Teddy,S.IK,SH diterjunkan ke lokasi. Mereka beraksi membersihkan sampah sejak pukul 08.30 WIT hingga pukul 09.15 WIT.

Sebelum memulai pekerjaan, para personil kepolisian ini dibagi ke beberapa tempat disekitar dermaga. Dengan berbekal karung plastik, para petugas mulai menyisir wilayah masing-masing di kawasan dermaga memungut sampah-sampah yang berserakan. Kebanyakan sampah yang ada merupakan sampah plastik.

BACA JUGA:  Kiprah LSM Pesdam Dalam Pengawasan Penerimaan SIPSS
Personil Polsek KPTS Ambon sedang membersihkan sampah di kawasan dermaga Pelabuhan Siwabessy, Gudang Arang, Ambon.

Dengan penuh semangat, para petugas polisi ini mengambil sampah-sampah dan memasukan ke dalam karung plastik. Setelah selesai membersihkan kawasan dermaga, sampah-sampah ini dikumpul dan kemudian dibawa ke tempat penampungan sampah yang ada di sekitar kawasan pelabuhan.

Kapolsek KPYS Ambon AKP Florensius Teddy,S.IK,SH mengungkapkan kegiatan bakti sosial dalam bentuk kerja bakti membersihkan lingkungan ini selain merupakan program kerja Polsek KPYS juga merupakan bentuk kepedulian polisi terhadap kebersihan lingkungan.

BACA JUGA:  Hebat, Banyuwangi Bakal Jadi Pilot Project Daerah Bersih dari Narkoba

“Memang, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Polsek KPYS. Selain itu juga merupakan bentuk kepedulian institusi kepolisian terhadap kebersihan lingkungan terutama lingkungan disekitar kita,” ujar Teddy.

Ia jelaskan salah satu faktor pendukung utama manusia bisa hidup sehat adalah keadaan lingkungan sekitarnya harus sehat juga dalam arti bersih dari sampah maupun kotoran lainnya.

“Jika tubuh sehat, maka jiwa dan pikiran kita juga pasti sehat. Sesuai kalimat dalam bahasa Latin Mens sana in corpore sano,” jelas perwira polisi jebolan akademi kepolisian tahun 2008 lalu.

BACA JUGA:  Kasus Penyelundupan 1,7 Ton Merkuri di Maluku Segera Tahap I

Teddy yang pernah menjabat Kasat Reskrim Polres MTB serta Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease ini menghimbau kepada masyarakat Kota Ambon lebih khusus warga disekitar kawasan pelabuhan Siwabessy ini agar dapat menjaga kebersihan lingkungan.

“Mari kita jaga kebersihan serta kesehatan lingkungan kita masing-masing. Jangan membuang sampah sembarangan. Hendaknya membuang sampah pada tempat yang disediakan. Mari kita bersahabat dengan alam. Jika kita bisa menjaga alam sekitar maka alam juga pasti akan bersahabat dengan kita,” pungkas ayah dia anak ini. (MAL)

Komentar