oleh

Polisi Pembina Ratusan Anak Jalanan di Ambon Diganjar Naik Pangkat Luar Biasa

-Daerah-107 views

Kabartoday, AMBON – Disaat wajah Direktorat Sabhara (Samapta Bhayangkara) Polda Maluku tercoreng sepekan lalu akibat ulah tiga anggotanya yang tertangkap pesta narkoba di Asrama Polisi, ada satu anggota Sabhara justru bisa mengangkat citra Polda Maluku dengan mendapat penghargaan dari Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. Dia adalah Aipda Edwin Richardo Mangare. Tak tanggung-tanggung, dia mendapat kenaikan pangkat luar biasa satu tingkat dari pangkat sebelumnya. Awalnya Mangare berpangkat Brigadir Polisi Kepala. Kemudian diganjar naik setingkat dengan Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) menjadi Ajun Inspektur Dua (Aipda).

Kenaikan pangkat setingkat ini merupakan penghargaan yang diberikan langsung oleh Kapolri Jenderal Idham Azis sesuai Surat Keputusan Nomor : KEP/2359/XI/2019, Tertanggal 29 November 2019, yang ditandatangani Kepala Biro (Karo) Binkar AS SDM Mabes Polri, Brigjen Pol. Dedi Prasetjo. Kapolri sangat menghargai jerih payah Mangare selama ini yang telah membina ratusan anak jalanan di Kota Ambon. Bahkan Mangare bisa mendirikan satu rumah singgah yang dikhususkan bagi anak-anak jalanan ini.

Mangare mendapat penyematan pangkat terbaru langsung oleh Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa. Penyematan pangkat ini dilangsungkan dalam sebuah upacara yang digelar Senin (20/01/2020) pagi di lapangan upacara Letkol CH. Tahapary kawasan Tantui Kota Ambon. Dalam arahannya, Lumowa berharap agar teladan yang telah ditunjukan Aipda Mangare ini harus menjadi contoh bagi personil lainnya di Polda Maluku.

BACA JUGA:  Polda Maluku Beri Bantuan Keluarga Korban Bentrokan di Latu, SBB

“Hari ini, Aipda Edwin Mangare merupakan contoh teladan bagi kita semua. Yang bersangkutan di beri kenaikan pangkat luar biasa atas prestasinya mendirikan rumah singgah untuk membina anak-anak jalanan di Maluku, khususnya kota Ambon,” ungkap Lumowa.

Menurut alumni Akabri Kepolisian tahun 1987 ini, tindakan yang dilakukan Aipda Mangare sebenarnya adalah merupakan cita-cita pendahulu polri sebagaimana yang tercantum dalam Tri Brata dan Catur Prasetya.

BACA JUGA:  Bupati Gelontorkan 17 Miliar Rupiah di Kecamatan Kampar Kiri Tengah

” Saudara (Edwin Richardo Mangare) merangkul membina anak-anak jalanan, yang hidupnya tanpa arah tujuan, namun di binanya. Bahkan saya (Kapolda) yakin bahwa saudara Edwin membina mereka, agar mereka jadi baik, tanpa berpikir kalau dia akan dapat penghargaan seperti ini,” beber Kapolda.

Mantan Kakorlantas Polri ini yakin bahwa masih banyak anggotanya yang telah menorehkan prestasi mengagumkan. Namun prestasi para anggotanya itu banyak belum diketahui publik. Karena itu ia berharap dengan kenaikan pangkat luar biasa Aipda Mangare ini bisa menjadi motivasi bagi personil lainnya.

BACA JUGA:  Polres Jakbar Musnahkan Barang Bukti 138 Kg Sabu dan 10.382 Butir Ekstasi

“KPLB ini merupakan motivasi bagi personil Polda Maluku, dapat di banggakan. Dan mulai dari polisi teladan 2019. Bripka Bastian Tuhuteru, Bhabinkamtibmas Desa Passo, Bripkan Arthur, dan Aipda Edwin Mangare. Polda Maluku luar biasa, seperti alamnya yang mempesona,” pungkas Lumowa. (Imanuel)

Komentar