oleh

Polres Ambon Musnahkan 15 Ton Miras Ilegal

Kabartoday, Ambon – Sebanyak 15 ton minuman keras (miras) lokal ilegal tepatnya 14.913 liter dimusnahkan Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.  Miras ilegal jenis sopi senilai 675 juta rupiah ini merupakan hasil razia aparat kemanan mulai Januari 2019 hingga akhir April 2019.

Sekitar 13,6 ton lebih sopi telah dimusnahkan Polsek jajaran Polres Ambon saat mengamankan miras tersebut di lokasi sweeping. Sisanya sebanyak 1.255 liter dimusnahkan secara simbolis Selasa (7/5) di halaman Mapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease kawasan Perigi Lima Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.

Kegiatan pemusnahan miras ini dipimpin Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Sutrisno Hadi Santoso. Turut hadir Wakapolres Kompol Ferry Mulyana, Kasatnarkoba Iptu Hasanuddin, Kasubbag Humas Ipda Julkisno Kaisupy serta sejumlah personil Satnarkoba Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Pemusnahan miras ini dilakukan dengan cara ditumpahkan ke saluran air depan Mapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

BACA JUGA:  Tim Kuasa Hukum Kivlan Zen Laporkan HK/Iwan Soal Keterangan Palsu

Kapolres mengatakan razia dan pemusnahan miras ilegal ini merupakan salah satu upaya kepolisian dalam rangka cipta kondisi kamtibmas selama bulan Ramadhan serta jelang hari raya Idul Fitri 1440 H.

“Kegiatan pemusnahan miras hari ini kan diawali dengan aksi razia yang dilakukan sejak Januari lalu hingga sekarang. Ini merupakan salah satu upaya kita untuk cipta kondisi kamtibmas selama bulan puasa serta jelang hari raya Idul Fitri nanti,” jelasnya.

BACA JUGA:  Warga Curug Bergabung Bersama PKS Dalam kegiatan Training Orientasi Sekolah Cinta Indonesia

Sutrisno ungkapan saat razia miras ilegal ini beberapa waktu lalu anggotanya menemukan adanya modus baru menyimpan sopi untuk mengelabui petugas di lapangan.

“Ada modus baru untuk menyelundupkan sopi. Mereka menyembunyikan sopi dalam kemasan sagu tumang sehingga seolah-olah secara kasat mata jika dilihat itu sagu tumang. Padahal jika diteliti isinya tenyata sopi yang diatasnya diberi sagu mentah sehingga jerigen sopi tersembunyi,” ungkap dia.

BACA JUGA:  Hasil Sidang MK, Mr Kan Soroti Situng Resmi KPU Yang Amburadul

Perwira menengah polisi berpangkat dua melati ini beberkan sumber sopi yang masuk ke Kota Ambon kebanyakan berasal dari Pulau Seram serta jazirah Maluku Tenggara.

Ia tegaskan dengan seringnya digelar operasi razia sopi ini setiap waktu, diharapkan dapat menekan angka peredaran sopi di wilayah hukum Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Ia tegaskan, perang terhadap miras ilegal ini akan terus dilakukan jajarannya tanpa kenal waktu dan tempat. Apalagi selama ini mayoritas penyebab terjadinya tindak pidana konvensional berawal dari sopi. (MAL)

Komentar