oleh

Polres Kepulauan Aru Gelar Sosialisasi dan Kerja Bakti Antisipasi Virus Corona

Kabartoday, DOBO – Makin melebarnya ekspansi virus Corona di Indonesia membuat berbagai institusi bergerak melakukan antisipasi pencegahan. Polres Kepulauan Aru sebagai salah satu polres jajaran Polda Maluku tak ketinggalan pula melakukan hal yang sama.

Untuk mengantisipasi masuknya virus membahayakan ini di wilayah hukumnya, Polres Kepulauan Aru menggelar kerja bakti serta sosialisasi tentang cara mencegah virus Corona. Kegiatan kerja bakti serta sosialisasi tentang virus penyebab penyakit COVID-19 dilaksanakan Sabtu (14/3/2020) pagi di kawasan pasar Jargaria Kota Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku.

Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayianak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Di Indonesia hingga Sabtu (14/3/2020) jumlah pasien positif virus corona menjadi 96 kasus. Dari jumlah kasus ini delapan pasien di antaranya dinyatakan sembuh dan lima orang meninggal dunia. Penyebaran virus corona saat ini semakin meluas. Daerah yang terkena wabah corona antara lain Jakarta, Bandung, Tangerang, Solo, Bali, Manado, Yogyakarta hingga Pontianak

BACA JUGA:  Ungkap Berbagai Kasus, Polres Jakbar di Banjiri Reward

Melihat fakta ini, Polres Kepulauan Aru yang dipimpin Kapolres AKBP Eko Budiarto melakukan langkah antisipasi. Mengerahkan sebanyak 90 personil terdiri dari anggota Polres Kepulauan Aru, Polsek Pulau-Pulau Aru, Polsek Kawasan Pelabuhan dan Pol Subsektor Polres Kepulauan Aru. Mereka melakukan kerja bakti serta sosialisasi di sekitar pasar Jargaria Kota Dobo.

Kasat Binmas Polres Kepulauan Aru AKP R Bembuain melakukan penyuluhan berupa himbauan kepada warga di sekitar Pasar Jargaria Kota Dobo untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih untuk mencegah serta mengantisipasi virus corona

Sosialisasi berupa himbauan cara mencegah virus Corona di depan pasar Jargaria yang disampaikan oleh Kasat Binmas AKP R Bembuain. Sementara kerja bakti pembersihan lingkungan dilakukan di jalur jalan depan Pos Lantas Pasar Jargaria Dobo hingga ke Tugu Mutiara.

BACA JUGA:  Dinsos DKI Apresiasi ke Para Orangtua Asuh

Kabag Ops Polres Kepulauan Aru AKP Florensius Teddy mengatakan, kegiatan sosialisasi serta kerja bakti ini merupakan salah satu upaya Polres Kepulauan Aru membantu pemerintah untuk mengantisipasi wabah virus Corona ini.

“Sekarang ini dunia digegerkan dengan wabah virus Corona. Akibat virus ini sudah banyak merenggut nyawa manusia di beberapa negara di dunia termasuk Indonesia. Data terbaru hari ini ternyata sudah ada 96 kasus Corona di Indonesia dan lima diantaranya meninggal dunia. Beberapa lokasi yang sudah terdeteksi Corona ada di Jakarta, Bandung, Tangerang, Solo, Bali, Manado, Yogyakarta hingga Pontianak,” jelas Teddy.

AKP Florensius Teddy,SH, SIK, Kabag Ops Polres Kepulauan Aru

Dengan fakta ini Kata Teddy, Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto memerintahkan seluruh personilnya berinisiatif melakukan sosialisasi serta kerja bakti. Tujuannya untuk membantu pemerintah mengajak masyarakat bersama-sama mencegah virus ini dengan menerapkan pola hidup sehat.

Alumni Akpol Tahun 2008 ini ungkapkan materi himbauan yang dilakukan Kasat Binmas di Pasar Jargaria Kota Dobo yaitu mengajak masyarakat untuk berperilaku hidup sehat.

BACA JUGA:  Forkabi Jakarta Timur Punya Ketua DPD Baru 

“Warga kita minta untuk selalu memperhatikan kebersihan pada saat sebelum dan sesudah makan. Menggunakan masker pada saat melakukan perjalanan baik Itu dengan angkutan laut maupun udara,” terang Teddy.

Selain itu, masyarakat diminta juga untuk selalu ada dalam pola hidup bersih dalam masyarakat dengan membuang sampah pada tempatnya dan menyediakan tempat sampah pada lingkungan maupun rumah masing-masing.

Anggota Polres Kepulauan Aru membersihkan lingkungan sekitar Pasar Jargaria Kota Dobo

Selain memberi himbauan, personil Polres Kepulauan Aru melakukan kerja bakti membersihkan ruas jalan depan Pos Lantas Pasar Jargaria Dobo hingga ke Tugu Mutiara. Berbekal karung plastik serta kantong kresek, puluhan personil polisi ini menyisir sampah baik yang ada di jalan maupun di saluran atau got tepi jalan. Sampah mereka pungut dan masukan ke dalam karung serta kantong kresek.

Usai beraksi sekitar satu jam di kawasan Pasar Jargaria, pasukan kembali ke Mapolres. Mereka juga melakukan kerja bakti membersihkan sampah di markas komando mereka.

Sebelum melakukan kegiatan, sebanyak 90 personil melaksanakan apel persiapan di lapangan Polres Kepulauan Aru. Apel diambil oleh Kabag Ops AKP Florensius Teddy. Hadir dalam apel ini Wakapolres Kepulauan Aru Kompol Petrus Passauw serta sejumlah pejabat utama Polres Kepulauan Aru. (Imanuel)

Komentar