oleh

Polres Kepulauan Aru Gelar Sosialisasi DIPA Tahun 2021

-Daerah-32 views

Kabartoday, DOBO – Kapolres Kepulauan Aru AKBP Sugeng Kubdarwanto meminta para Kepala Satuan Kerja (Kasatker) di lingkup Polres Kepulauan Aru agar dalam pertanggungjawaban keuangan harus dilakukan dengan tertib dan benar. Jika tidak dilakukan, maka ia tegaskan tidak akan mencairkan pengajuan rencana kebutuhan kegiatan berikutnya.

Penegasan ini ia sampaikan dihadapan para pejabat utama Polres Kepulauan Aru, Kapolsek dan Kapolsubsektor jajaran Polres Kepulauan Aru dalam kegiatan sosialisasi Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) Tahun 2021 yang digelar Sabtu (9/1/2021) di aula Wirasatya Mapolres Kepulauan Aru.

“Juru bayar agar lebih memperhatikan pertanggungjawaban satker. Jika ada satker yang tidak membuat Perwabkeu (pertanggungjawaban keuangan) maka tidak boleh dicairkan pengajuan
renbut (rencana kebutuhan) satker tersebut,” tegas Sugeng yang baru beberapa hari memimpin Polres Kepulauan Aru.

BACA JUGA:  Zakarias Sebut Ini Perkara Jumlah Narkoba Terbesar di Kalbar

Bahkan jika ada Satker yang tidak mampu menyerap anggaran dan tidak bisa dipertanggungjawabkan, maka anggarannya akan kembalikan ke Negara.

Untuk itu, ia menekankan beberapa point kepada para Kasatkernya terkait anggaran antara lain, meminta para Kasatker agar menyusun rencana pendistribusian anggaran yang berdasarkan program triwulan. Pertanggungjawaban harus tertib dan benar serta setiap satker agar mengajukan rencana kebutuhan sebelum melaksanakan kegiatan.

Untuk efisiensi laporan, agar Kepala Satuan Fungsi membuat group WhatsApp dan membuat matriks laporan yang kemudian disampaikan kepada Polsek jajaran terkait apa yang harus dilakukan masing-masing fungsi di Polsek.

Kita harus menanamkanĀ  mindset bahwa Polri adalah sebagai Pelayan, Pelindung dan Pengayom masyarakat. Kendala dan hambatan harus dijadikan peluang untuk melakukan terobosan kreatif,” tandasnya.

BACA JUGA:  Tuduhan Nikah Palsu Tak Terbukti, Pasangan Lansia Ini Yakini Hakim Berikan Penangguhan
Suasana kegiatan sosialisasi DIPA Tahun 2021 Polres Kepulauan Aru di Aula Wirasatya, Mapolres Kepulauan Aru, Sabtu (9/1/2021).

Perwira polisi dengan pangkat dua melati ini meminta kepada para Kapolsek agar mulai berpikir jika terjadi gangguan Kamtibmas di wilayah hukumnya maka tindakan apa yang harus dilakukan dengan kondisi serba keterbatasan.

Ia juga meminta para Kapolsek agar memplot dan memerintahkan anggotanya sesuai degan fungsi kepolisian dan dilaporkan kepada masing-masing pembina fungsi.

Kepada Provost, ia meminta harus memberlakukan reward dan punishment bagi anggota. Yang berprestasi diberikan penghargaan, sementara yang bersalah harus diberi sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sugeng juga meminta anggotanya agar selalu hadir ditengah masyarakat dan mampu bersinergi baik secara internal maupun eksternal untuk memberi rasa aman kepada masyarakat.

BACA JUGA:  Sutan Rahman Bentuk YLBH Cabang Bengkulu

Kegiatan sosialisasi DIPA ini digelar bersamaan operasi triwulan IV tahun 2020 yang dilaksanakan sejak pukul 13.30 hingga 21.30 WIT. Kegiatan dihadiri Wakapolres Kepulauan Aru AKBP Petrus Passauw serta para pejabat utama Polres Kepulauan Aru, Kapolsek dan Kapolsubsektor jajaran Polres Kepulauan Aru

Kegiatan diawali dengan paparan para Kapolsubsektor, dilanjutkan para Kapolsek, Kepala Bagian, Kepala Satuan Fungsi dan para Kepala Seksi. Materi paparan mencakup data panca gatra, perbandingan kasus menonjol triwulan III dan triwulan IV, situasi Kamtibmas Triwulan IV, data kekuatan personil, sarana prasarana, persenjataan dan amunisi, penanganan Covid-19 yang telah dilaksanakan masing-masing satker, penahanan potensi konflik serta terobosan kreatif yang dilaksanakan oleh satker.

Dilanjutkan dengan sosialisasiĀ  PAGU anggaran tahun 2021 oleh Kapolres Kepulauan Aru sebesar Rp. 51.756.220.000,- Jumlah ini mengalami penurunan dibanding PAGU anggaran tahun 2020 sebesar Rp. 54.513.405.000,- (Manuel)

Komentar