oleh

Polresta Ambon Tangkap Dua Penyelundup Narkotika di KM Dorolonda, BB 1 Ons Sabu

Kabartoday, AMBON – Satuan reserse narkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu sebanyak satu ons dari Surabaya ke Ambon.

Dua pelaku berhasil ditangkap di atas KM Dorolonda, Selasa (29/09/2020) pukul 05.00 WIT saat kapal sandar di dermaga Yos Sudarso Ambon.

Tak tanggung-tanggung, penangkapan dua pelaku asal Surabaya ini dipimpin langsung Kasat Resnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKP Jufri Jawa.

Kedua pelaku warga Surabaya ini masing-masing berinisial KAW dan MAA, beralamat di jalan Platuk Nomor 149 Surabaya.

Dua orang warga Surabaya ini diamankan karena ditemukan membawa, memiliki, menguasai sekitar 1 ons atau sekitar 100 gram narkotika jenis sabu. Saat ini, kedua pelaku telah diamankan di Kantor Satresnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease untuk dimintai keterangan.

BACA JUGA:  Warga Lampung Protes Pengusaha Ilegal Sedot Pasir Laut di Area Anak Gunung Krakatau

“Memang benar, tadi pagi kami mengamankan dua orang warga asal Surabaya yang diduga membawa narkotika jenis sabu sekitar 1 ons. Kedua terduga ini kita amankan di atas KM Dorolonda saat sandar di Dermaga Yos Sudarso Ambon,” ujar Kasat Resnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKP Jufri Jawa kepada media ini Selasa (29/09/2020).

Mantan Kasat Resnarkoba Polres Buru ini beberkan hingga kini pihaknya masih memeriksa kedua terduga ini secara intensif dan melakukan pengembangan untuk mengejar bandar.

Terungkapnya penyelundupan sabu ini ujar Jufri berawal pada Jumat (25/09/2020) pihaknya mendapat info dari cepu bahwa akan ada warga yang membawa narkotika jenis sabu dengan menumpang KM Dorolonda. Diperkirakan kapal tersebut tiba di Ambon pada Selasa (29/09/2020).

Berbekal informasi ini, Jufri memerintahkan anggotanya Bripka La Ode Herman Buton selaku PS Kasubnit 1 Satresnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease menuju Namlea Kabupaten Buru menunggu KM Dorolonda.

BACA JUGA:  Buku Margonda 'Pahlawan Tanpa Pusara' Persembahan Kodim 0508/Depok

Pada Senin (28/09/2020) sekitar pukul 21.30 WIT, La Ode Herman Buton naik ke KM Dorolonda di Namlea dengan tujuan ke Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Di atas KM Dorolonda, Bripka La Ode Herman Buton melakukan penyelidikan mencari target operasi dua warga Surabaya ini. Untuk memuluskan penyelidikannya, La Ode Herman Buton menyamar sebagai pedagang asongan menjual minyak kayu putih.

Sekitar satu jam Bripka La Ode Herman Buton melakukan penyelidikan berkeliling kapal. Sekitar pukul 22.35 WIT, ia berhasil melihat keberadaan targetnya. Dua warga Surabaya ini terlihat berada di dek 4 samping ruang informasi KM Dorolonda.

Setelah menemukan target, anggota polisi yang menyamar ini kemudian menghubungi Kasat Resnarkoba AKP Jufri Jawa menginformasikan hasil penyelidikannya.

BACA JUGA:  TRC Indonesia Merambah Jateng, Siap Menangkan Prabowo-Sandiaga

Saat KM Dorolonda merapat di Dermaga Yos Sudarso Ambon, sejumlah personil Satresnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease dipimpin AKP Jufri Jawa telah bersiap di dermaga.

Sekitar pukul 04.20 WIT, dua warga Surabaya ini berhasil dibekuk petugas tanpa perlawanan. Saat digeledah, petugas menemukan serbuk putih halus diduga narkotika jenis sabu yang disembunyikan di celana dalam kedua warga ini. Barang bukti sabu ini diperkirakan seberat 1 ons.

Selanjutnya, kedua pelaku beserta barang bukti dibawa ke kantor Satresnarkoba Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease untuk menjalani pemeriksaan intensif.

“Saat ini, kami masih melakukan pemeriksaan dan melakukan pengembangan untuk dapat mengungkap gembong atau bandar narkoba dibalik kasus ini,” pungkas Jufri. (Manuel)

Komentar