oleh

Polsek Kab Bireuen Minta Keuchik Pasang Spanduk Buat Jokowi

Kabartoday, Bireuen Aceh – Dikabarkan jajaran Polsek Bireuen meminta Keuchik untuk memasang spanduk ucapan terimakasih kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Pemasangan spanduk di beberapa titik itu termonitor pada tanggal 23 dan 24 Februari 2019

Tulisan dalam spanduk terbaca “Terima kasih Presiden RI Ir. Joko Widodo atas adanya program dana desa dalam rangka peningkatan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat” di wilayah Ds. Krueng Juli, Ds. Kuala Raja Kec. Kuala dan Ds. Puuk Kec. Samalanga.

“Ada dugaan pemasangan spanduk tersebut dimotori oleh pihak kepolisian. “ucap warga yang tak mau disebutkan namanya.

Dari informasi tersebut, Tim Bireuen telah melaksanakan elisitasi terhadap beberapa sumber, yakni atas nama Brigadir Fakhrizal, Kanit Intelkam Polsek Kota Juang Polres Bireuen membenarkan bahwa memang spanduk tersebut diberikan oleh pihak Polsek jajaran Polres Bireuen kepada setiap Keuchik (Kades) dalam kecamatan Se-Kab. Bireuen.

Ia juga menyebut pemberian spanduk kepada para Keuchik merupakan perintah langsung dari Kapolsek untuk mendukung program Musrenbang yang sedang berjalan serta sebagai bentuk dukungan masyarakat atas program dana desa dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dan tidak ada kaitannya dengan masalah politik (Pilpres 2019).

BACA JUGA:  KPK Ciduk Alexander K Muskitta Terkait Kasus Suap Krakatau Steel

Dijelaskannya, sebelum dilaksanakan pemberian spanduk tersebut, pihak Polsek jajaran Polres Bireuen telah berkoordinasi dengan Camat dan Bawaslu Kab. Bireuen. Dari keterangan Bawaslu spanduk tersebut tidak melanggar aturan Pemilu.

Sementara Sumber lainnya Doli, Camat Juli Kab. Bireuen menyampaikan bahwa sampai saat ini belum ada dari pihak Polsek Juli berkoordinasi untuk pemasangan spanduk tersebut melalui Keuchik dalam Kec. Juli Kab. Bireuen.

Adapun Sumber lainnya M. Isa, Keuchik Ds. Kuala Raja Kec. Kuala Kab. Bireuen juga membenar pemasangan spanduk tersebut merupakan perintah dari pihak kepolisian Polsek Kota Juang, masing-masing Keuchik hanya ditugaskan memasang saja.

Lebih lanjut kata ia, spanduk tersebut diberikan langsung oleh Brigadir Fakhrizal, Kanit Intelkam Polsek Kota Juang sebanyak 1 lembar ke semua desa dalam Kec. Kuala Kab. Bireuen.

BACA JUGA:  PT Pindo Deli 2 Diduga Mencaplok Tanah Milik Warga Kuta Mekar

Hal senada juga di sampaikan sumber Muhrizal, Keuchik Ds. Puuk Kec. Samalanga, bahwa yang bersangkutan bersama Keuchik Lancok Sdr. Muntasir dipanggil ke Polsek Samalanga untuk menerima pembagian spanduk yang bertuliskan “Terima kasih Presiden RI Ir. Joko Widodo atas adanya program dana desa dalam rangka peningkatan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat”.

Dipaparkan olehnya, spanduk tersebut diberikan oleh Kanit Intel Polsek Samalanga Bripka Firdaus sebanyak 3 (tiga) lembar untuk Keuchik Ds. Puuk, Ds. Lancok dan Ds. Linca Kec. Samalanga.

Didepan para Keuchik, anggota Polsek Bripka Firdaus menyampaikan agar para Keuchik segera memasang spanduk tersebut secara diam-diam tanpa diketahui oleh masyarakat.

Bahkan dikabarkan para Keuchik mendapat penekanan jangan sampai diketahui oleh masyarakat bahwa spanduk tersebut diberikan oleh pihak Polsek.

d. Pukul 19.00 WIB, para Keuchik langsung memasang spanduk tersebut di Meunasah Ds. Puuk dan lokasi strategis lainnya.

ANALISA…

1). Pemasangan spanduk yang bertuliskan “Terima kasih Presiden RI Ir. Joko Widodo atas adanya program dana desa dalam rangka peningkatan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat” yang dimotori pihak kepolisian merupakan satu bentuk kegiatan yang salah karena bukan kewenangan pihak kepolisian untuk memberikan apresiasi kepada Presiden RI atas program dana desa.

BACA JUGA:  Kapolres Kampar Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Muara Takus 2019

2). Kegiatan pemasangan spanduk tersebut merupakan bentuk dukungan pihak kepolisian yang secara tidak langsung terhadap salah satu Paslon Capres/Cawapres pada Pilpres 2019.

3). Tidak menutup kemungkinan kegiatan tersebut merupakan perintah langsung dari pimpinan pihak kepolisian (Kapolri/Kapolda) kepada jajarannya untuk penggiringan opini masyarakat mendukung salah satu Paslon Capres/Cawapres tertentu.

Adanya pengarahan kepada para Keuchik oleh pihak jajaran Polsek Polres Bireuen untuk memasang spanduk tersebut merupakan sikap ketidak netralan pihak kepolisian pada Pemilu 2019, karena tindakan tersebut di luar kewenangan kepolisian, sehingga secara tidak langsung pihak kepolisian Polsek jajaran Polres Bireuen terindikasi membantu melakukan penggiringan opini masyarakat untuk mendukung Paslon Capres/Cawapres tertentu.(iyan/red)

Komentar