oleh

Polsek KPYS Terbaik Basis Deteksi Dini Jajaran Polres Ambon

-Daerah-115 views

Kabartoday, AMBON – Polsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon terpilih menjadi terbaik pertama lomba Polsek sebagai basis deteksi dini intelijen di jajaran Polres Ambon.

Polsek KPYS yang dipimpin AKP Florensia Teddy berhasil menyisihkan 12 Polsek lainnya lingkup Polres Ambon.

Terungkapnya Polsek KPYS sebagai terbaik pertama lomba ini setelah diumumkan pada acara syukuran HUT Bhayangkara ke-73 Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease yang dilaksanakan di Tribun Lapangan Merdeka Ambon Rabu (10/7) usai pelaksanaan upacara.

Polsek Nusaniwe dengan Kapolseknya Iptu Pieter Matahelumual sebagai terbaik kedua, sementara Polsek Baguala yang dipimpin AKP Thomy Siahaya terpilih sebagai terbaik ketiga.

Sekretaris Kota Ambon AG Latuheru didaulat untuk menyerahkan hadiah kepada para pemenang yang diterima masing-masing Kapolsek.

Sebagai terbaik pertama, Polsek KPYS mendapat bonus sebesar satu juta rupiah. Polsek Nusaniwe sebagai terbaik kedua mendapat bonus enam ratus ribu rupiah dan terbaik ketiga Polsek Baguala meraih bonus empat ratus ribu rupiah.

BACA JUGA:  Seorang Bandar Narkoba Diringkus Resnarkoba Polres Kampar

Lomba Polsek sebagai basis deteksi dini ini adalah dalam rangka meningkatkan peran fungsi Intelijen Polri yaitu memacu semangat agen intelijen Polri di lapangan untuk menunjukkan jati diri seorang Inteljen seutuhnya yaitu dengan menyajikan produk-produk intelijen berbobot yang berguna bagi user dalam mengambil langkah-langkah atau kebijakan selanjutnya.

Sehingga anggapan-angapan yang melemahkan peran fungsi intelijen dapat terbantahkan dengan melihat kinerja Inteljen dan produk yang dihasilkan.

Sasaran dalam kegiatan Polsek sebagai basis deteksi dini ini adalah Unit Intelkam Polsek secara terpisah antara Fungsi Binmas dan Fungsi Intelkam.

BACA JUGA:  Wakil Ketua DPRD Karawang Tolak Revisi Perda RTRW

Tujuan dan manfaat dilaksanakannya penilaian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan tugas unit inteljen Polri pada tingkat Polsek yang didukung oleh fungsi Kepolisian lainnya dalam perannya sebagai basis deteksi ini guna mengetahui sedini mungkin Potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dibuktikan dalam jenis dan jumlah pembuatan produk Inteljen.

Selain lomba Polsek sebagai basis deteksi dini, juga diumumkan pemenang lomba lainnya dalam memeriahkan HUT Bhayangkara di lingkup Polres Ambon.

Untuk lomba Bhabinkamtibmas terbaik, peringkat pertama diraih petugas Bhabin Negeri Urimessing Polsek Nusaniwe. Terbaik kedua petugas Bhabin Negeri Ireng Polsek Leihitu serta terbaik ketiga Petugas Bhabin Batu Gajah Polsek Sirimau. Hadiah pemenang diserahkan Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Sutrisno Hady Santoso.

Untuk lomba kebersihan Polsek, peringkat pertama diraih Polsek Leihitu Barat, peringkat kedua Polsek Nusaniwe dan peringkat ketiga Polsek Salahutu. Hadiah pemenang diserahkan oleh Ketua Pengadilan Negeri Klas I Ambon Pasti Tarigan.

BACA JUGA:  Kades Sungai Sarik Kabupaten Kampar Remehkan Profesi Wartawan

Pada kesempatan itu Kapolres Ambon berkenan memberikan tali asih kepada purnawirawan serta warakawuri.

Sebelumnya, Kapolres beserta Ketua Pengurus Bhayangkari Cabang Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease melakukan pemotongan tumpeng dan memberikan kepada personil yang tertua dan termuda di Polres Ambon.

Turut hadir dalam upacara Dandim 1504 Pulau Ambon. Letkol Inf Fendri Novyanti Raminta, Sekretaris Kota Ambon AG Latuheru, Kepala Kejaksaan Negeri Ambon Benny Santoso, Ketua Pengadilan Negeri Ambon Pasti Tarigan serta sejumlah pejabat institusi TNI/Polri serta sipil lainnya, tokoh masyarakat, tokoh agama dan undangan lainnya. (MAL)

Komentar