oleh

Polsek Letisel Gelar Operasi Yustisi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19

-Daerah-97 views

Kabartoday, AMBON – Untuk mendisiplinkan masyarakat di wilayah hukumnya, Polsek Leitimur Selatan Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease menggelar operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan.

Tujuan operasi ini adalah untuk pencegahan, pemutusan mata rantai penyebaran serta pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon.

Pelaksanaan operasi yustisi iniĀ  telah digelar sejak Senin (14/9/2020). Sehari dua kali pelaksanaan yaitu saat pagi mulai pukul 07.30 WIT – 09.30 WIT dan sore mulai pukul 15.30 WIT hingga pukul 18.00 WIT.

Dalam pelaksanaan operasi ini, turut terlibat satuan TNI serta instansi lain yang tergabung dalam gugus tugas percepatan penanganan Covid-19.

BACA JUGA:  Polda Banten dan BPS Sinergi Berikan Pelayanan Publik
Pelaksanaan operasi yustisia oleh Polsek Leitimur Selatan, Rabu (16/9/2020)

Dasar pelaksanaan operasi yustisia ini adalah Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Kapolsek Leitimur Selatan Ipda Yabez Payung mengatakan pelaksanaan operasi yustisi yang sudah digelar sejak Senin lalu merupakan upaya untuk mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Kita tahu saat ini untuk Kota Ambon telah masuk pada fase penerapan PBB transisi V. Karena itu untuk menekan angka penderita Covid-19 ini, perlu lebih meningkatkan disiplin masyarakat untuk mematuhi protokoler kesehatan penanganan Covid-19. Karena ini untuk kebaikan kita semua,” ujar Ipda Yabez di ruang kerjanya Rabu (16/9/2020).

BACA JUGA:  Kapolres Pandeglang Berikan Penghormatan Terakhit Kepada Iptu H. Asep Rudiana Wijaya

Pada operasi yustisi hari Rabu (16/9/2020) pagi, digelar di jalan raya dekat Mako Polsek Leitimur Selatan. Sedangkan pelaksanaan operasi sore, digelar di depan Pos Covid-19 Dusun Wailiha, Desa Toisapu yang merupakan pintu masuk Kecamatan Leitimur Selatan dari Kecamatan Baguala.

Ia katakan, dalam operasi yustisia ini, difokuskan pada pengguna jalan raya khususnya pengendara kendaraan bermotor.

Petugas memeriksa setiap kendaraan yang lewat untuk memastikan pengendara maupun penumpang harus menggunakan masker. Bila kedapatan ada warga yang tidak menggunakan masker, maka petugas memberikan teguran lisan disertai peringatan serta penjelasan pentingnya penggunaan masker untuk saling melindungi dari bahaya Covid-19.

BACA JUGA:  Naikan Bendera RMS, Polisi Amankan Satu Warga di Ambon

“Kita memberikan teguran lisan serta penjelasan kepada warga yang tidak menggunakan masker akan arti pentingnya masker untuk saling melindungi sesama warga. Kemudian kita memberikan masker kepada warga yang dipasang langsung oleh petugas di lokasi pelaksanaan operasi,” jelas mantan Kasi Propam Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease ini.

Saat pelaksanaan operasi yustisia Rabu (16/9/2020), sebanyak 12 warga yang tidak menggunakan masker diberi teguran lisan.

Yabez katakan, pihaknya akan terus menerus menggelar kegiatan untuk pencegahan serta pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polsek Leitimur Selatan. (Manuel)

Komentar