oleh

Pos Pam Lebaran di Ambon Rusak Ditabrak Pemuda Mabuk

Kabartoday, AMBON – Satu unit pos pengamanan operasi Ketupat Siwalima 2019 untuk pengamanan Idul Fitri 1440 Hijriyah di Kota Ambon mengalami kerusakan. Penyebabnya karena diseruduk sepeda motor dengan kecepatan tinggi yang pengendaranya dalam kondisi mabuk akibat minuman keras beralkohol. Beruntung dari peristiwa ini, tidak ada korban jiwa serta tidak melukai personil pengamanan yang sementara berjaga di dalam pos pengamanan.

Peristiwa kecelakaan lalulintas ini terjadi Minggu (09/06) pukul 04.46 WIT di Pos Pengamanan Tanah Lapang Kecil (Talake) jalan dr. Sitanala, Kelurahan Wainitu Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Pengendara motor Carlus Kakiay (23) warga RT 06 Kelurahan Wainitu mengalami luka ringan. Sepeda motor Honda Beat Stret bernomor polisi DE 3413 EF rusak ringan.

“Minggu subuh tadi terjadi peristiwa kecelakaan lalu lintas tunggal di kawasan Talake. Sepeda motor yang pengendaranya sudah dikuasai miras menabrak pos pam operasi Ketupat di Talake. Akibatnya pos pengamanan mengalami kerusakan. Tidak ada korban jiwa. Pelaku sekaligus korban telah diamankan di Satlantas Polres Ambon,” ungkap Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Ipda Julkisno Kaisupy Minggu (9/6).

BACA JUGA:  Sekda Pemalang: Pemilihan Kades Lebih Heboh Ketimbang Caleg
Ipda Julkisno Kaisupy, Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Mantan Kapolsek Elpaputih dan Kapolsek Teluk Ambon ini beberkan kronologis peristiwa ini berawal saat sejumlah personil pengamanan lebaran sementara berada di dalam pos pengamanan. Tiba-tiba terdengar suara kendaraan bermotor dalam kecepatan tinggi melintas di jalan dr Sitanala dari arah Batu Gantung hendak masuk jantung Kota Ambon.

Karena pengendara sudah dalam kondisi mabuk dipengaruhi minuman keras, ia tidak dapat mengontrol kendaraannya yang melaju dengan kecepatan tinggi. Saat itu, sepeda motor langsung menghantam water barier yang di pasang di samping pos pengamanan. Sepeda motor dan pengendara terlempar masuk ke dalam pos pengamanan. Pengendara sempat terbentur meja piket.

BACA JUGA:  Kapolda Maluku Irup Hari Lahir Pancasila

Peristiwa ini sempat mengagetkan personil pengamanan yang berada dalam pos tersebut. Mereka kemudian memberikan pertolongan kepada pengemudi dan menghubungi piket lalulintas Satlantas Polres Ambon. Tak lama kemudian datang petugas Satlantas mengamankan serta membawa pelaku ke Kantor Satlantas untuk dimintai keterangan.

Kerusakan pada Pos Pam Talake setelah ditabrak motor yang dikendarai pemuda mabuk

Kaisupy sampaikan akibat kejadian ini pengendara motor Carlus Kakiay hanya mengalami luka ringan. Dinding depan pos pengamanan dan dua meja piket mengalami kerusakan. Satu kursi plastik patah. Dua water barier terhempas dari posisi semula. Sepeda motor Honda Beat milik pelaku rusak ringan.

Ipda Kaisupy menyayangkan terjadinya peristiwa ini karena kecerobohan pengendara yang menggunakan kendaraan bermotor dalam kondisi mabuk dipengaruhi miras.

BACA JUGA:  Penjual Nomor Togel di Ciduk Polsek Tapung

Menurutnya, pengendara masih cukup beruntung karena tidak terjadi hal yang fatal dan hanya mengalami luka ringan. Ia katakan mayoritas kecelakaan lalulintas yang disebabkan karena miras ini sering terjadi korban jiwa atau korban mengalami luka berat.

“Ini sangat kita sayangkan. Beruntung pengendara hanya luka ringan karena mayoritas lakalantas karena pengaruh miras ini ada korban jiwa melayang atau pengendara mengalami luka berat,” jelasnya.

Untuk itu, Kasubbag Humas yang murah senyum ini menghimbau kepada masyarakat agar tidak mengendarai kendaraan jika telah dipengaruhi miras. Resikonya sangat besar bisa sampai kehilangan jiwa.

“Semoga peristiwa ini dan peristiwa-peristiwa lakalantas sebelumnya bisa menjadi pelajaran bagi si pengendara maupun warga masyarakat lainnya agar tidak berkendara bila sudah dipengaruhi minuman keras. Resikonya sangat besar karena bisa kehilangan nyawa. Sayangilah keluarga anda yang menunggu kehadiran anda di rumah,” tandas Kaisupy. (MAL)

Komentar