oleh

Praktisi Pariwisata Usulkan Jakarta Perlu Badan Promosi Pariwisata Daerah

Kabartoday, Jakarta – Kabupaten Manggarai Barat (Komodo), Kabupaten Nias, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Raja Ampat adalah 4 dari sekian banyak daerah di Indonesia yang saat ini sangat serius dan Maju dalam mengembangkan sektor Pariwisata Daerah.

Di dalam kurun waktu 2 tahun belakangan ini, jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke 4 kabupaten tersebut, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara, naik secara signifikan.

Ini tentunya sangat menggembirakan pemerintah yang sedang mengejar target kunjungan 20 juta wisatawan di tahun 2019 dan juga sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat, karena dengan bergairahnya dunia wisata otomatis akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat serta memperbaiki roda perekonomian rakyat terkhusus di daerah semakin maju..

BACA JUGA:  Pemuda Malteng Tewas Dikeroyok Lima Pemuda Ambon

Sudah saatnya DKI Jakarta dapat mengikuti langkah ke 4 Kabupaten tersebut untuk segera membenahi pengembangan sektor pariwisata di Ibukota Negara.  Hal tersebut dikatakan Praktisi pariwisata, Sanny A Irsan di Jakarta, Senin (1/7/2019) malam.

Praktisi Pariwisata, Sanny A Irsan bersama Gub DKI Jakarta, Anies Baswedan

Menurutnya DKI Jakarta tidak kalah pesonanya dengan wilayah lain. Tempat-tempat wisata dan budaya yang tidak kalah menariknya dibeberapa sektor yang harus segera diperbaiki bila ingin pariwisata DKI Jakarta tumbuh berkembang.

BACA JUGA:  Surat Terbuka DR. Ilyas Untuk Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sanny juga menyebut enam (6) hal yang harus diperhatikan sebagai daya tarik Tourism Board, diantaranya:

1). Fokus untuk memperbaiki infrastruktur Pariwisata, termasuk infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi.
2). Memperbaiki Akses dan Transportasi.
3). Memperbaiki system kebersihan kota.
4). Meningkatkan kampanye promosi pariwisata di luar negeri maupun di dalam negeri.
5). Membuat event event/Festival budaya dan wisata sebanyak mungkin.
6). Membuat destinasi wisata yang baru serta mengemas dengan sebaik baiknya venue wisata yang sudah ada.

BACA JUGA:  Kenakan Baju Melayu Warna Putih, Bupati Kampar sambangi Para Petinggi Riau

“Jakarta saat ini sudah memiliki ‘Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD DKI Jakarta) atau Jakarta Tourism Board‘ sesuai dengan Peraturan Gubernur (PERGUB) No 35 Tahun 2018. Itu yang harus kita kembangkan. “Kata Sanny.

Dengan adanya Badan tersebut, Ia berharap potensi serta pengelolaan Pariwisata di DKI Jakarta akan bisa lebih maju, lebih profesional dan tidak tertinggal dengan pariwisata di wilayah lainnya di Indonesia maupun di luar negeri.(Op/red)

Komentar