oleh

Program PTSL Blitar Soal Pengukuran Tanah Dinilai Warga Sangat Tepat

Kabartoday, Blitar – Pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) telah meluncurkan program prioritas Nasional berupa percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

PTSL adalah pendaftaran tanah untuk Pertama Kali yang dilakukan secara serentak di dalam suatu Wilayah Desa atau Kelurahan.

Melalui Program ini, Pemerintah memberikan jaminan kepastian dan perlindungan hukum terhadap Hak atas tanah yang di miliki masyarakat. Seperti halnya di Kabupaten Blitar.

Petugas ukur tanah untuk pemohon Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019 mulai diaktifkan di Desa Jambe Pawon Kecamatan Doko.

BACA JUGA:  Dandim 1506/Namlea Buka Kejuaraan Futsal Binter Cup III

Pengukuran ini penting di lakukan agar status tanah milik pemohon jelas dan bukan tanah bermasalah.

Pantauan media ini di lapangan. Pokmas PTSL Desa Jambe Pawon bersama Tim dan Pemohon, saksi-saksi serta Kepala Dusun terlihat sibuk mengukur tanah di Blok 1 dan Blok 2 di Dusun Ringin Rejo.

Saiful Huda Ketua Pokmas PTSL mengatakan masyarakatnya begitu antusias dengan Program PTSL tersebut.

BACA JUGA:  Bangunan Warung di Jalan Kemiri Depan Perum Graha Kuncara Dibongkar

“Desa Jambe Pawon mendapatkan kuota 1500 bidang tanah, itu luar biasa, Program Agraria PTSL ini sangat membantu warga kami untuk mensertifikatkan tanahnya, terlebih biaya yang di tanggung sangat murah. “terang Saiful.

Kepala Dusun Kamituwo Ringin Rejo menyebut bahwa saat ini awal dimulainya Pengukuran.

“Hari ini awal pengukuran, dan akan di laksanakan selama tiga hari, selebihnya akan dilanjutkan setelah Hari Raya nanti. “kata Kamituwo.

Seperti di ketahui sesuai intruksi pada Program PTSL ini semua perangkat Kepala Dusun (Kadus) atau yang biasa di sebut Kamituwo di haruskan mengawal kegiatan pengukuran tanah pemohon PTSL. Dengan demikian di harapkan Program tersebut bisa berjalan dengan lancar dan cepat selesai.

BACA JUGA:  Zainuddin Siregar: Masyarakat Hindari Calo PPPK

Sementara itu Kepala Desa Jambe Pawon Sugianto ketika di temui di Ruang kerjanya menyatakan harapan proses kegiatan Program Agraria dari Pemerintah yang hadir di Desanya bisa berjalan dengan baik.(Dwi)

Komentar