oleh

PSDKP Ambon Sosialisasi Prokes Covid-19 dan Bagi Masker Kepada Nelayan

-Daerah-37 views

Kabartoday, AMBON – Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) merupakan instansi pemerintah yang melaksanakan fungsi pelaksanaan penanganan pelanggaran pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan. Salah satu pokok adalah pengawasan dan pencegahan Illegal fishing.

Walaupun begitu, di tengah pandemi Covid-19 ini, PSDKP ikut membantu program pemerintah dalam upaya pemutusan mata rantai penyebaran virus corona.

Seperti yang dilakukan Stasiun PSDKP Ambon dalam beberapa kali tugas patroli pengawasan di wilayah laut Maluku dan Maluku Utara. Selain patroli, personil PSDKP juga melakukan sosialisasi serta himbauan kepada para nelayan dan warga pesisir untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

BACA JUGA:  Cegah Penyebaran Covid 19, Polsek Tapung Bersama Koramil Dan Puskesmas Adakan Goro di Pasar Petapahan
Abdul Quddus,S.St.Pi – Kepala Stasiun Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Ambon.

Hal ini diungkapkan Kepala Stasiun PSDKP Ambon Abdul Quddus kepada media ini di ruang kerjanya, Senin (22/3/2021).

“Kami (PSDKP) selain memiliki tugas untuk menjaga tertib pelaksanaan perundang-undangan di bidang perikanan, tugas kami juga adalah membantu peran penmerintah. Terkait dengan kondisi Covid-19 saat ini jadi kami juga harus punya peran di situ. Di beberapa patroli atau gelar operasi, kami melakukan sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 dan juga membagi masker,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Satgas Yonif 734/SNS Pos Amaci Ambon Bersama Warga Gelar Jumat Bersih

Ia katakan PSDKP merupakan bagian dari pemerintah sehingga apapun program pemerintah yang baik untuk masyarakat seperti dalam kondisi Covid-19 saat ini, PSDKP tetap mendukung.

Salah satu cara adalah PSDKP menyelipkan kegiatan sosialisasi maupun himbauan penerapan Prokes Covid-19 dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan serta pembagian masker.

Personil PSDKP Ambon membagikan masker kepada para nelayan di perairan Ternate, Maluku Utara.

“Sebagai contoh, saat melakukan pengawasan, selain memeriksa kelengkapan dokumen atau dari sisi penegakan hukumnya kami juga melakukan sosialisasi terhadap para pelaku usaha untuk mentaati Prokes Covid-19. Jadi tidak melulu melakukan penegakan hukum saja,” tandas Abdul.

BACA JUGA:  Kompol Maya Sambang Duka

Sebagai Kepala Stasiun PSDKP Ambon, Abdul tegaskan dan memastikan dalam setiap gelar operasi pengawasan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk bisa berperan aktif membagikan masker serta melakukan sosialisasi terkait dengan penerapan prokes Covid-19. (Manuel)

Komentar