oleh

Ragam Karya Bhakti Kodim 1504/Ambon Dalam Serbuan Teritorial Kodam XVI/Pattimura

-Daerah-148 views

Kabartoday, AMBON – Kodim 1504/Ambon menggelar sejumlah kegiatan karya bhaktiĀ  mengisi program Serbuan Teritorial yang digagas Kodam XVI/Pattimura.

Beberapa lokasi di wilayah teritorial Kodim 1504/Ambon yang menjadi sasaran karya bhakti ini antara lain Negeri Saparua dan Negeri Porto di Pulau Saparua Kabupaten Maluku Tengah. Kemudian Dusun Kampung Baru Desa Waiheru Kecamatan Baguala Kota Ambon serta Negeri Akoon Kecamatan Nusalaut Kabupaten Maluku Tengah.

Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu “Babinsa Mengajar” pada dua sekolah di Pulau Saparua, kegiatan penanaman 500 anakan pohon di Waiheru Kota Ambon serta pembersihan sumur tua di Negeri Akoon Nusalaut.

Hal ini diungkapkan Komandan Kodim 1504/Ambon Letkol Inf Fendri Navyanto Raminta kepada media ini Rabu (17/7) di ruang kerjanya.

BACA JUGA:  Tiba di Ambon, 106 Penumpang KM Dorolonda Dikarantina Cegah Covid-19

“Seperti diketahui, saat ini kita berada di pekan program Serbuan Teritorial Kodam XVI/Pattimura yang digelar sejak Sabtu 13 Juli hingga tanggal 20 Juli mendatang. Untuk itu kita di wilayah Kodim 1504/Ambon juga melaksanakan beberapa program Karya Bhakti yang merupakan bagian dari program Serbuan Teritorial ini,” jelasnya.

Ia beberkan, di wilayah Koramil 1504-03/Saparua, dua personil babinsa yaitu Kopka Siahaya masuk ke SMA PGRI Saparua. Sedangkan Serda Luarmase ke SMA Negeri Porto di Pulau Saparua.

Materi yang dibawakan dua babinsa kepada para siswa di dua sekolah ini yaitu tentang Bela Negara serta Peraturan Baris Berbaris (PBB).

BACA JUGA:  Masyarakat Anti Korupsi Soroti Gubernur Sultra Ali Mazi

“Kemarin (Selasa-red), dua babinsa kita mengajar di SMA PGRI dan SMA Negeri Porto di Pulau Saparua. Kepada para siswa, mereka mengajarkan materi Bela Negara dan PBB. Tujuannya adalah untuk menanamkan rasa cinta tanah air serta semangat rela berkorban bagi bangsa dan negara sejak awal kepada para generasi muda,” ungkap Letkol Fenri.

Personil Koramil 1504-01/Baguala bersama warga menanam 500 anakan pohon di Desa Waiheru Kota Ambon

Jebolan Akademi Militer (Akmil) tahun 1999 ini beberkan, kegiatan lain yang digelar kemarin yaitu penanaman 500 anakan pohon dari beberapa jenis antara lain Cengkeh, Pala, Durian, Rambutan dan Mangga di Dusun Kampung Baru Desa Waiheru Kecamatan Baguala.

BACA JUGA:  Kuasa Hukum FWJ Resmi Polisikan Oknum Debt Collector ACC Finance

Kegiatan penanaman bibit pohon ini melibatkan 80 orang anak-anak sekolah serta warga yang dikoordinir personil Koramil 1504-01/Baguala.

“Salah satu tujuan penanaman bibit pohon ini yaitu untuk menghijaukan kembali wilayah pegunungan yang telah botak akibat perambahan masyarakat. Banyak pohon yang telah ditebang. Karena itu, kita ingin kembali menghijaukan wilayah yang gersang sekaligus menjaga wilayah resapan air,” kata Dandim yang lama bertugas di satuan Kostrad.

Sementara di wilayah Kecamatan Nusalaut, personil Koramil 1504-08/Nusalaut bersama sekitar 60 warga Negeri Akoon melaksanakan kerja bhakti membersihkan sumur tua. (MAL)

Komentar