oleh

Raih Demokrat, Paslon “BENAR” Berpeluang Lawan Koko di Pilkada MBD

Kabartoday, AMBON – Kontestasi politik perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Desember 2020 mendatang berpeluang hanya menampilkan satu pasangan calon (paslon).

Pasalnya dari tujuh partai politik (Parpol) peraih kursi di DPRD Kabupaten MBD hasil pemilu legislatif (Pilleg) 2019 lalu, enam parpol telah menentukan pilihan.

Lima parpol yaitu PDI-Perjuangan (PDI-P), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Nasional Demokrat (NasDem), Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Demokrat memberikan pilihan kepada paslon Bupati incumbent Benyamin Thomas Noach (BTN) dan Ari Kilikili (AK). Sementara partai Golkar memberikan rekomendasi kepada paslon Odie Orno-Bastian Petrus.

Satu parpol tersisa yaitu Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) hingga kini belum juga menentukan pilihan sikap di Pilkada MBD.

Paslon Benyamin Thomas Noach-Ari Kilikili dengan akronim BENAR memastikan dukungan parpol kelima yaitu Demokrat pada Kamis (16/7/2020). Mereka menerima rekomendasi partai di Kantor DPP Partai Demokrat jalan Proklamasi nomor 41 Menteng Jakarta Pusat.

BACA JUGA:  Polsek KPYS Ambon Gagalkan Penyelundupan 565 Liter Miras Ilegal Asal MBD

Total perolehan kursi lima parpol yang mengusung paslon BENAR ini sebanyak 14 kursi dengan perincian PDI-P (3 kursi), PKPI (2), NasDem (3), Hanura (3) serta Demokrat (3).

Sementara partai Golkar yang mengusung Paslon Odie Orno-Bastian Petrus memiliki 3 kursi di DPRD MBD.

Total kursi DPRD Kabupaten MBD hasil Pilleg 2019 lalu sebanyak 20 kursi. Sehingga dengan syarat dukungan minimal 20 persen kursi dari total kursi DPRD untuk pasangan calon, maka di Pilkada MBD baru paslon BENAR yang telah memenuhi syarat dukungan minimal.

Sementara nasib paslon Odie Orno-Bastian Petrus yang baru meraih tiga kursi dari partai Golkar sangat bergantung pada sikap politik partai Gerindra yang juga memiliki tiga kursi. Bila partai berlambang kepala burung Garuda ini ikut memberikan rekomendasi kepada paslon BENAR, maka syahwat politik Odie Orno dan Bastian Petrus di Pilkada MBD 2020 ini pupus.

BACA JUGA:  Perampok Asal Magelang di Bekuk Resmob Polres Situbondo

Artinya, paslon BENAR dengan modal dukungan enam parpol dengan 17 kursi dipastikan akan melawan Kotak Kosong (Koko) saat pesta politik di Bumi Kalwedo julukan Kabupaten MBD pada Rabu, 9 Desember mendatang.

Kepastian pasangan BTN-AK mendapatkan rekomendasi politik dari Partai Demokrat disampaikan oleh Ela Pasta, salah satu tim sukses pasangan ini.

“Iya, kemarin (Kamis-red) paslon BTN-AK mendapat kepercayaan politik dari partai Demokrat. Rekomendasi partai berlambang bintang Mercy ini diterima langsung bapak BTN dan AK di Kantor DPP Partai Demokrat di Jakarta,” ungkap Pasta Jumat (17/7/2020) di Ambon.

BACA JUGA:  H.Ahmadi Terpilih Menjadi Ketua BPC PHRI Sidoarjo Periode 2019-2024

Dengan merapatnya partai Demokrat, maka Paslon BENAR telah meraih dukungan lima parpol dengan total 14 kursi dari total 20 kursi DPRD Kabupaten MBD.

Ia katakan, walaupun telah mendapat dukungan lima parpol, pasangan BTN-AK ini masih tetap berjuang untuk mendapat rekomendasi Partai Gerindra.

Dengan kemampuan serta pengalaman kepemimpinan Benyamin Thomas Noach selama memimpin Kabupaten MBD, ia optimis partai besutan Menhankam Prabowo Subianto akan menjatuhkan pilihan politik kepada pasangan BTN-AK.

“Saya yakin partai Gerindra sebagai salah satu partai besar tidak akan sembarang memberikan pilihan politiknya. Namun dengan kemampuan leadership yang sudah teruji serta pengalaman bapak Oyang (BTN), saya optimis partai Gerindra akan merekomendasikan beliau maju bertarung di Pilkada Kabupaten MBD pada 9 Desember mendatang,” ujar politisi wanita dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (Manuel)

Komentar