oleh

Rayakan HUT RI, Warga RW 03 Kelurahan Kanigoro Poles Wajah Lingkungannya Jadi Cantik

Kabartoday, BLITAR – Semangat warga masyarakat di seluruh Indonesia dalam memperingati HUT ke-74 RI layak di apresiasi. Tak terkecuali warga seluruh Desa dan Kelurahan se Kecamatan Kanigoro. Mereka berlomba lomba dan berupaya mempercantik lingkungan masing-masing. Antusias warga ini tak lepas dari motivasi camat, lurah dan ketua RW serta RT selaku ujung tombak pemerintahan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Seperti yang terlihat di Jalan Kusuma Bangsa Gang 2 Kanigoro, di Lingkungan RT 01 dan RT 02 RW 03. Dengan penuh sukacita warga disini memoles dan mempercantik lingkungan serta jalan jalan yang ada dengan berbagai ornamen. Ada lampu hias, bendera merah putih, umbul-umbul, desain taman mini dengan bermacam tanaman bunga dan lampion.

Selain itu warga juga menempel vas bunga di dinding pagar jalan serta mengecat tembok dan lantai sepanjang gang dengan berbagai motif plus warna. Pemandangan ini tentu saja menjadi daya tarik bagi para pengguna Jalan yang melintas. Tak pelak, mereka pun memperlambat laju kendaraannya saat melewati jalanan tersebut.

BACA JUGA:  Jalan Rusak Masyarakat Pertanyaan Kemana Dana PUPR Tersalurkan?

“Saya sengaja lewat gang ini bersama anak-anak untuk menikmati suasana yang berwarna warni ini. Selain indah, juga terasa sejuk,” kata salah satu pengguna jalan, Jumat (16/8/19) malam.

Yang menarik, secara sukarela warga menggalang iuran, kemudian dana tersebut dipergunakan untuk menggelar berbagai kegiatan yang telah menjadi tradisi Agustusan. Rangkaian kegiatan tersebut umumnya panggung gembira dan berbagai perlombaan seperti balap karung, lomba makan kerupuk, panjat pinang dan lain-lain.

BACA JUGA:  Panwaslu Curug bersikan APK kampenye di Hari Tenang

“Semua kegiatan kita lakukan secara swadaya, bersama warga bergotong royong untuk mempercantik wajah lingkungan. Dengan semangat kebersamaan mereka berusaha merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia,” ujar Sugiran, ketua RW 03.

Sugiran sendiri mengaku bangga kepada warganya yang penuh semangat merajut kebersamaan dalam memperingati hari bersejarah Bangsa Indonesia.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, kebersamaan warga RW 03 khususnya akan terus terbangun. Dan ini juga sebagai ungkapan kecintaan kita terhadap tanah air dan bangsa serta wujud syukur atas nikmat Kemerdekaan,” tuturnya.

BACA JUGA:  Kampanye Pengurangan Sampah Plastik, Banyuwangi Gelar Festival Creative Recycle

Ditambahkan Sugiran, warganya juga menggelar malam tasyakuran dengan cara kenduri bersama.

“Setelah itu seluruh lampu penerangan di lingkungan akan di matikan hingga tengah malam nanti. Warga hanya akan menerangi jalan dengan lilin-lilin yang berjajar di sepanjang lantai jalanan,” pungkasnya. (dwi) 

Caption : Suasana perayaan dan memeriahkan peringatan HUT ke-74 RI di RW 03 Kelurahan Kanigoro

Komentar