oleh

Ronnie Higuchi Rusli Dipanggil Bawaslu, Sejumlah Lembaga Survei Ciut

Kabartoday, Jakarta – Prof Ronnie Higuchi Rusli seorang pakar IT, statistik dan guru besar Universitas Indonesia (UI) penuhi panggilan Bawaslu RI sebagai ahli kesahian quick count lembaga-lembaga survei.

Pemanggilan Ronnie tersebut teelihat di akun twitternya pada hari Kamis (9/5/3019) terkait tantangannya kepada sejumlah lembaga survei yang menayangkan hasil hitung cepatnya di sejumlah stasiun TV.

Dikabarkan melalui akun twiiternya, Ronnie menulis ‘Dipanggil Bawaslu untuk memberikan pendapat sebagai ahli tentang kesahian hasil hitung cepat (Quick Count).

BACA JUGA:  Prabowo Menang dan PKS Juara Pileg DPR RI Di Jakarta Selatan

Tak ada satu pun surveyor QC yang mau hadir. Menariknya, kata Prof Ronnie, semua anggota Bawaslu dan KPU hanya plonga+plongo melihat rumus-rumus yang disajikannya. Tak ada yang bisa tanya kepada Prof Ronnie.

 

Walhasil, Prof Ronnie kemudian merekomendasikan untuk kedepannya agar pemilu/pilkada nanti para Lembaga Survey QC harus buka ke publik dan juga ke @bawaslu_RI dan @KPU_ID.

Ronnie merinci hal-hal yang harus dibuka sperti, sumber pendanaannya. Perhitungan samplingnya, person yang ambil sampling,  metode perhitungan QC, Post audit penggunaan dana.

Ronnie juga berpendapat bahwa itu harus dibuka karena demi kepentingan publik.

“Nah… jadi semua lembaga QC itu memang kaleng-kaleng, nggak bertanggungjawab ke publik. Giliran ditantang sang pakar, semua pada mengkeret takut dan tak berani jawab… “Tulis salah satu cuitan di akun twiiter Ronnie Higuchi Rusli.(Op/red)

Komentar