oleh

Satgas BKO Gelombang I Kodim Malra dan Kepulauan Aru Purna Tugas

-Daerah-94 views

Kabartoday, AMBON – Sebanyak 83 orang aparat teritorial satuan tugas Bawah Kendali Operasi (Apter Satgas BKO) gelombang I Kodim persiapan Maluku Tenggara serta Kepulauan Aru purna tugas.

Saat ini mereka telah berada di Ambon untuk selanjutnya akan bergeser dikembalikan ke kesatuan awal masing-masing.

Mereka telah bertugas sekitar satu tahun lamanya di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kabupaten Kepulauan Aru. Sebanyak 42 personil bertugas dalam kerangka pembentukan Kodim Persiapan Maluku Tenggara. 41 personil lainnya untuk Kodim Persiapan Kepulauan Aru.

Komandan Korem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold AP Ritiauw melalui Kasiter Kasrem 151/Binaiya Letkol Inf Jocky Pesulima mengatakan 83 personil apter BKO Kodim Persiapan Maluku Tenggara dan Kepulauan Aru telah tiba kembali di Ambon tadi malam.

“Sebanyak 83 personil Apter Satgas BKO gelombang pertama Kodim Persiapan Maluku Tenggara dan Kepulauan Aru telah selesai bertugas. Mereka kurang lebih satu tahun bertugas di sana. Karena pengganti mereka Satgas BKO Gelombang II sudah tiba di lokasi, sehingga mereka kembali. Dan sekarang mereka telah kembali ke Ambon menunggu persiapan untuk dikembalikan ke kesatuan awal masing-masing,” jelas Jocky kepada Kabartoday.co.id Sabtu (25/7/2020).

BACA JUGA:  M.Sholicin : Generasi Millenial Perlu Kita Rangkul di Sector UMKM
Letkol Inf Jocky Pesulima, Kasiter Kasrem 151/Binaiya

83 personil apter Satgas BKO ini tiba di Ambon menggunakan KM Nggapulu yang berlayar dari Tual-Banda-Ambon. KM Nggapulu tiba di dermaga Yos Sudarso Ambon Jumat (24/7/2020) sekitar pukul 23.45 WIT.

Saat seluruh personil turun dari kapal, kemudian dilakukan apel pengecekan personil dan materil di pelataran dermaga Yos Sudarso pada Sabtu (25/72020) pukul 01.30 WIT.

Hasil pengecekan, jumlah personil lengkap yaitu 42 personil Satgas Kodim Persiapan Maluku Tenggara serta 41 personil Satgas Kodim Persiapan Kepulauan Aru.

Kemudian dilakukan pergeseran pasukan (serpas) seluruh personil ke tempat penampungan sementara di Markas Komando Resimen Induk Kodam (Mako Rindam) XVI/Pattimura di Desa Suli Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.

BACA JUGA:  Tiga Kabupaten di Jabar Terindikasi Mal-Administrasi PPDB Tahun 2019/2020

Setelah menempuh perjalanan sekitar dua jam, seluruh personil tiba di tempat penampungan sementara ini pukul 03.35 WIT dan diterima oleh Perwira Pengawas (Pawas) Rindam XVI/Pattimura.

Kasiter Kasrem 151/Binaiya Letkol Inf Jocky Pesulima beberkan personil apter Satgas BKO ini merupakan penugasan langsung dari Mabes TNI AD. Mereka berasal dari beragam kesatuan dari sejumlah Kodam.

“Ada yang dari Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Mereka ini merupakan orang-orang terpilih untuk bertugas mempersiapkan kerangka Kodim baru di Maluku Tenggara dan Kepulauan Aru,” beber alumni Akademi Militer tahun 1992 ini.

Diantara para personil Satgas BKO Gelombang I ini ada juga beberapa putra daerah Maluku yang tergabung. Mereka ini nantinya akan dikembalikan bertugas di Maluku sebagai aparat teritorial di Kodim-Kodim yang baru nanti.

Jocky jelaskan pula di wilayah teritorial Korem 151/Binaiya yang meliputi seluruh Provinsi Maluku ini akan ada pembentukan enam Kodim baru. Selain Maluku Tenggara dan Kepulauan Aru, Kodim persiapan juga sudah ada di Buru Selatan, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur serta Maluku Barat Daya.

BACA JUGA:  Mewakili Humas PT MEIS, Bambang Klarifikasi Soal Tunggakan Pajak

“Jadi totalnya akan ada 11 Kodim di wilayah teritorial Korem 151/Binaiya sesuai dengan jumlah Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Maluku,” tandas mantan Wakabintal Kodam XVI/Pattimura ini.

Untuk pembangunan Kantor Makodim baru, perwira menengah TNI AD berpangkat dua bunga cengkih di pundak ini katakan di tahun anggaran 2020 ini dilakukan pembangunan untuk dua Mako Kodim persiapan yaitu Kodim Persiapan Seram Bagian Timur di Kota Bula serta Kodim Persiapan Maluku Barat Daya di Kota Tiakur.

“Tahun ini ada dua Mako Kodim baru yang dibangun yaitu Kodim Seram Bagian Timur di Bula serta Kodim Maluku Barat Daya di Tiakur. Untuk Mako Kodim yang lain baru akan dilakukan pembangunan pada tahun anggaran berikutnya,” pungkas Jocky. (Manuel)

Komentar