oleh

Satpol PP Provinsi Kalbar Gelar Go To School

Kabartoday, Kalbar – Selama ini, Satpol PP memiliki citra negatif di tengah-tengah masyarakat. Anggapan masyarakat terhadap Satpol PP yaitu arogan, kasar, tidak manusiawi, bahkan musuhnya PKL. Padahal tidak demikian, sebab Satpol PP adalah institusi atau perangkat daerah yang bertugas untuk menciptakan ketertiban umum dan ketentraman serta perlindungan masyarakat.

Untuk mengubah citra negatif tersebut, baru-baru ini Satpol PP Provinsi Kalbar bersama Satpol PP Kota Pontianak dan BNN Kalbar melakukan kegiatan Satpol PP Goes to School yaitu mengunjungi sekolah dan Satpol PP Goes to Campus yaitu mengunjungi kampus guna memberikan pembinaan dan penyuluhan tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman di Kalbar. Sekolah yang menjadi sasaran adalah SMK Negeri 3 Pontianak, sedangkan kampus yang menjadi sasaran adalah FISIP UNTAN Pontianak.

Sy. Ardiman, S.Sos., M.AP. selaku Plt. Kasat Pol PP Provinsi Kalbar mengatakan bahwa akibat dari pemberitaan di media massa membuat citra Satpol PP menjadi negatif.

BACA JUGA:  Pencatut Nama Event FWJ di Lagon Ancol Resmi Dipolisikan

“Seringkali yang dimunculkan oleh media tentang Satpol PP itu yang jelek-jelek saja. Padahal, Satpol PP dalam menjalankan tugasnya bertujuan agar masyarakat dapat hidup dengan aman, tertib dan teratur,” ujar Ardiman.

“Dalam bekerja, Satpol PP menjalankan tugasnya sesuai dengan SOP yang berlaku. Bila pun ada kesalahan atau tampak Anggota Pol PP yang tampak arogan, itu hanya oknum saja, “tambahnya.

Menurut Ardiman, Satpol PP itu bukan tugasnya menertibkan PKL. Penertiban tersebut dilakukan karena PKL berjualan di tempat yang tidak seharusnya, misalnya jalan protokol, yang mana sesuai aturan (Perda, red.) tidak diperbolehkan untuk berjualan di lokasi itu.

“Jadi, apakah Satpol PP benar arogan dalam menjalankan tugasnya atau masyarakat itu sendiri yang arogan karena telah melanggar Perda dan Perkada. “ulas Ardiman.

BACA JUGA:  Brimob Kaltara Bantu Padamkan Api Saat Kebakaran Hebat di Kota Tarakan

Perlu dipahami bahwa Satpol PP memiliki 3 tugas sebagaimana amanah Pasal 256 UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Pertama, Satpol PP bertugas menegakkan Perda dan Perkada.

Kedua, Satpol PP menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman.

Terakhir, Satpol PP bertugas menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

Terpisah, Inos, S.H selaku Kabid Pembinaan Masyarakat menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan Satpol PP Goes to School dan Satpol PP Goes to Campus adalah mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa tentang keberadaan serta tugas dan fungsi Satpol PP.

“Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengubah citra negatif Satpol PP yang selama ini melekan di tengah masyarakat. Kami ingin menunjukkan bahwa Satpol PP di Kalbar itu ramah dan bersahabat dengan masyarakat, “ungkap Inos.

BACA JUGA:  Bus PO MGI Terbalik di Tol Jagorawi

Kabid Pembinaan Masyarakat mengatakan kegiatan Satpol PP Goes to School dan Satpol PP Goes to Campus mendatangkan pihak-pihak dari Satpol PP Kota Pontianak dan BNN Kalbar.

“Mengingat lokasi kegiatannya di Pontianak, kami menggandeng Satpol PP Kota Pontianak. Dari materi Satpol PP Kota Pontianak dijelaskan mengenai kegiatan patroli, razia kos, larangan bermain layang-layang, razia anak sekolah dan lain sebagainya, “kata Inos.

Sementara BNN Kalbar sengaja di undang untuk memberikan penjelasan dan sosialisasi kepada pelajar dan mahasiswa terkait bahaya menyalahgunaan narkoba.

“Kalau melihat Kalbar yang berbatasan darat dengan Malaysia yang menjadi pintu masuk narkoba maka kita harus bersama-sama melawan narkoba ini, “tegas Inos.(GUN)

Komentar