oleh

Sebulan Bebas Dari Penjara, Residivis Empat Kali Beraksi Di Aek Kanopan, Dihadiahi Timah Panas Polisi

Kabartoday, AEK KANOPAN – Tidak lama berselang sejak menerima laporan dan hanya dalam tempo dua setengah jam, Pelaku Pencurian siang bolong di Toko Mas Mutiara di Jalan Jendral Sudirman No 48 Kelurahan Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara, berhasil diringkus Unit Reskrim Polsek Kualuh Hulu, bersama Tim Rajawali Labura.

Sebelumnya, dengan cara Pelaku berpura – pura menyaru sebagai pembeli, Rabu, 20 Februari 2019 sekitar Pukul 16.00 WIB, Pelaku melakukan Tindak Pidana Pencurian di Toko Mas Mutiara Jalan Jendral Sudirman Nomor 48 Kelurahan Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Kalung Mas senilai Rp. 6.000.000 (Enam Juta Rupiah) yang ada berada ditangan Pelaku langsung dilarikan meninggalkan Toko Mas. Mengetahui hal itu, Korban (Pemilik Toko) langsung mengejar.

Kejar – kejaran pun terjadi hingga ke Perkebunan Kelapa Sawit dan saat Pelaku hampir dapat ditangkap Korban, Pelaku langsung menyerang Korban dengan memukulkan Pelepah Sawit yang berada disekitar ke arah Korban.

BACA JUGA:  Masuk Kampanye Terbuka, TKN Akan Libatkan Para Menteri dan Kepala Daerah, Jurkamnas BPN Sebut Asal Cuti

Korban berhasil menangkis dengan tangannya dan terjatuh dengan keadaan tangan terluka, saat itu juga Pelaku berhasil melarikan diri.

Korban Pemilik Toko Mas pun langsung membuat laporan ke polsek Kualuh Hulu, dengan nomor laporan : LP/58/II/ 2019/Sek KL Hulu, tanggal 20 Pebruari 2019 (CURAS).

Menerima laporan tersebut, Unitres Polsek Kualuh Hulu dan Tim Rajawali Labura yang dipimpin IPDA Gunawan Sinurat SH MH, langsung melakukan cek TKP (Tempat Kejadian Perkara).

Dari hasil pengembangan Penyelidikan di lapangan dan rekaman CCTV. Diketahui pelakunya adalah ES (35) dan AH (20). Warga Kelurahan Aek Kanopan dan Aek Kanopan Timur, Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labura.

Dua jam setengah kemudian, pada hari itu juga, Rabu (20/2/2019) sekitar Pukul 18.30 WIB. Tersangka AH berhasil ditangkap di Lorong III Kelurahan Aek Kanopan Timur, Kecamatan Kualuh Hulu. Selanjutnya, sekitar Pukul 22.30 WIB, tersangka ES berhasil ditangkap di Lorong IV, Kelurahan Aek Kanopan Timur Kecamatan Kualuh Hulu.

BACA JUGA:  Warga Kaltara di Hebohkan Penemuan Makhluk Aneh

Dari tangan para tersangka disita Barang Bukti (BB), berupa 1 (Satu) buah Kalung Emas. Dari hasil interogasi pihak Kepolisian, diketahui bahwa tersangka ES adalah Residivis, sudah 5 (Lima) kali masuk Penjara, dimana keseluruhan kasusnya adalah Pencurian dengan kekerasan (Curas).

Sebelumnya, pada tahun 2016 lalu, ES pernah melarikan diri dari RTP Polsek Kualuh Hulu lewat atap, Tersangka ES juga baru sebulan ini keluar dari Penjara (Lapas), setelah menjalani hukuman selama 4 (Empat) tahun dalam Perkara Curas.

Selama sebulan tersangka ES bebas dari tahanan, sudah 4 kali melakukan Pencurian, diantaranya 1 Curas (Toko Emas) dan 3 Curat (Bongkar Rumah).

Diantaranya adalah rumah NH Sianipar warga Jalan Stasiun Kereta Api Kelurahan Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labura. Rumah I Hasibuan warga Jalan Kapten Zubit Kelurahan Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labura. Dan rumah Zulaika warga Jalan Kapten Zubit Kelurahan Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labura.

BACA JUGA:  Soal Penggunaan APBD dan PAD Depok, FWJ Desak BPK Transparan

Saat dilakukan pengembangan guna mencari Tersangka berikut BB lainnya, dari tangan Tersangka ES berhasil diamankan BB berupa TV, Linggis, Besi, Kotak HP, Kaos dan lain lain. Namun terhadap Tersangka lainnya, tidak ditemukan, karena diduga sudah melarikan diri.

IPDA G Sinurat SH MH kepada Wartawan mengatakan, saat Tersangka ES hendak dibawa ke Polsek Kulauh Hulu guna menjalani proses hukum, ES berontak dan langsung melarikan diri. Maka dengan terpaksa, Petugas melakukan tindakan tegas dan terukur untuk melumpuhkan Tersangka dibahagian kakinya.

“Selanjutnya, Tersangka langsung dibawa ke Rumah Sakit terdekat untuk segera mendapatkan Perawatan Medis”, G Sinurat. (Okta/Bunan).

Komentar