oleh

Sekda Pemalang: Pemilihan Kades Lebih Heboh Ketimbang Caleg

Kabartoday, Jateng – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pemalang, Budi Raharjo dalam acara temu media partisipasi pemilih pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Pemalang, hotel Winner Pemalang, Sabtu (16/2/2019) menyatakan pemilihan kepala desa (Kades) lebih heboh ketimbang Caleg.

Dikatakan Budi, perbedaan cost anggaran sebagai penentu, jika pemlihan seorang kepala desa bisa menghabiskan 1-2 Miliar rupiah untuk satu desa, namun untuk Caleg jauh dibawah costnya. “Banyak uang dan kurangnya sosialisasi diri bisa dianggap sombong, bahkan bisa ditinggal masyarakat. “Kata Budi pada wartawan, Sabtu (16/2/2019).

Lebih lanjit Budi mengkritik, kebanyakan para Caleg tidak familier dan terkesan menutup rumah. “Baru jadi calon sudah pada menutup rumahnya, bagaimana jika sudah jadi?”

BACA JUGA:  Kasat Lantas Polres Kampar Survei Jalan Rusak

Sementara Mustaghfirin Ketua KPU Kabupaten Pemalang dalam kegiatan yang sama menyampaikan para calon legeslarif (Caleg) kebanyakan jarang yang dikenal warga, pengenalan caleg hanya disaat mencari suara dan kemudian baru menyapa.

Menururt catatan KPU Pemalang, pemilih Kabupaten Pemalang bisa dikatagorikan salah satu dari lima besar di Provinsi Jateng yang padat penduduknya, namun partisipasi pemilih saat ini masih berada di peringkat bawah.

BACA JUGA:  Dikecam Banyak Aktivis dan Dilaporkan ke Polisi, Kondisi Terkini LSM GMBI Banyuwangi

“partisipasi pemilih di Kabupaten Pemalang hanya 58,94%, sementata target KPU RI mendongkrak partisipasi pemilih mencapai 77.5 %,” ujarnya.

Menurutnya, KPU dan stakeholder mempunyai tugas untuk meningkatkan partisipasi tersebut.

“Media memiliki peran yang strategis untuk meningkatkan partisipasi pemilih, karena media sebagai corong dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. “Ucap Mustaghfirin.

Selain itu, Kasubbag Humas Polres Pemalang, Polda Jawa Tengah, AKP Lies mengapresiasi acara tersebut. Menurutnya peran media sangat penting sebagai informasi pubik..

BACA JUGA:  Kades Warureja Sebut 'Wartawan Bodrek... Wartawan TAI, Harus Di Pidanakan

“Dunia digital dan kemajuan teknologi informasi membuat peran media sangat vital dalam ikut menyebarluaskan informasi-informasi penting,” jelas Kasubbag Humas Polres Pemalang.

Dalam laporannya didepan wartawan, Sekretaris KPU Budi Utomo menyampaikan, tujuan diselenggarakannya kegiatan Temu Media, merupakan upaya untuk membangun persepsi tentang arti pentingnya menjalankan kehidupan demokrasi, yang didukung dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi.(Rae)

Komentar