oleh

Sepekan ke Depan, Laut Maluku Aman Untuk Pelayaran

-Daerah-38 views

Kabartoday, AMBON – Kondisi gelombang perairan laut di Maluku dalam sepekan ke depan, aman untuk pelayaran. Tinggi gelombang diperkirakan maksimal satu meter.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon Jonly A Pentury.

“Sesuai rilis dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) tentang prakiraan harian tinggi gelombang untuk satu pekan ke depan mulai esok, Rabu, 17 Maret hingga 22 Maret mendatang di perairan Laut Maluku, masih masuk kategori rendah. Belum ada early warning atau peringatan dini yang dikeluarkan BMKG,” jelasnya Selasa (16/3/2021) di Kantor KSOP Kelas I Ambon.

BACA JUGA:  Titik Buta (Blind Spot) Bagi Pengemudi Truk/Bus Kurang Disadari Oleh Pengendara Lain

Dari prakiraan BMKG tersebut, ungkap Jonly bahwa tinggi gelombang laut diperkirakan mencapai satu meter. Kondisi ini masih aman untuk berlayar.

Walaupun begitu, ia tetap mengingatkan semua pihak yang berlayar agar tetap waspada dan berhati-hati. Karena musibah bisa datang kapan saja.

Salah satu kepala seksi termuda di lingkup Kementerian Perhubungan ini katakan, meskipun sudah mendapat prakiraan tinggi gelombang dari BMKG untuk satu pekan ke depan, namun pihak KSOP setiap hari tetap joint dengan BMKG Maritim Maluku.

BACA JUGA:  Limbah FABA Mengusik Warga Desa Kisik

“Tiap hari kita berkoordinasi dengan BMKG. Jangan sampai ada early warning terjadi perubahan iklim atau cuaca mendadak yang dapat berpengaruh terhadap tinggi gelombang laut. Olehnya itu, info dari BMKG sangat kita perlukan. Ini semua demi keselamatan semua orang yang akan dan sedang berlayar,” pungkasnya. (Manuel)

Komentar