oleh

Serbuan Bela Negara ala Yonif 734/SNS Untuk Pelajar di Ambon

-Daerah-634 views

Kabartoday, AMBON – Batalyon Infanteri (Yonif) 734/Satria Nusa Samudra (SNS) menggelar kegiatan bela negara dengan sasaran para pelajar SD maupun SMP di Kota Ambon yang masuk wilayah binaan.

Saat ini, Yonif 734/SNS yang bermarkas di Kota Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar mendapat kepercayaan penugasan pengamanan daerah rawan (Pamrahwan) di dua provinsi yaitu Maluku dan Maluku Utara. Penugasan operasi Pamrahwan ini mulai sejak tanggal 26 Mei 2019 lalu.

Kegiatan bertajuk “Serbuan Bela Negara” untuk para pelajar ini dilaksanakan Kamis (13/6) oleh personil SSK IV Satgas Pamrahwan Yonif 734/SNS di beberapa sekolah baik SD maupun SMP serta masing-masing pos satgas di Kota Ambon yang masuk wilayah binaan.

BACA JUGA:  Lagi-lagi Jago Merah Melalap Sebuah Pabrik, karyawan berhamburan
Lettu (Inf) Majo S Sangadji, Komandan SSK IV Satgas Pamrahwan Yonif 734/SNS

Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK) IV Satgas Pamrahawan Yonif 734/SNS
Lettu (Inf) Majo S. Sangadji mengatakan tujuan kegiatan ini adalah membentuk tekad, sikap dan karakter bela negara dikalangan pelajar dan pemuda.

“Kegiatan bela negara yang kita lakukan ini bertujuan untuk membentuk tekad, sikap dan karakter bela negara di kalangan pelajar dan pemuda di Kota Ambon,” jelasnya kepada media ini Kamis (13/6) di Ambon.

Ia jelaskan kaum pelajar dan pemuda merupakan salah satu bagian dari komponen cadangan bela negara sehingga harus dipersiapkan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk bela negara.

BACA JUGA:  Sesibuk Apapun Anak Prioritas Utama, Kapolres Kukar Beri Contoh Tauladan

Perwira pertama TNI-AD yang menghabiskan masa kecil hingga remaja di Kota Ambon ini menambahkan bahwa dikalangan pelajar dan pemuda harus ditanamkan serta ditumbuhkembangkan rasa cinta tanah air dan sikap membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sikap ini akan berguna untuk para komponen cadangan ini dalam membela NKRI dari segala macam ancaman dan gangguan yang mau memecah belah negara tercinta ini,” tukas Sangadji.

Ia beberkan materi yang diberikan dalam kegiatan Serbuan Bela Negara ini, para pelajar dan pemuda diberikan pelatihan dasar-dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB).

“Materi yang diberikan adalah para pelajar dan pemuda diberikan dasar PBB. Lewat latihan PBB ini diharapkan akan tumbuh sikap disiplin. Karena disiplin merupakan jembatan antara cita-cita dan pencapaian,” tandasnya.

BACA JUGA:  Tim Damkar Pasar Rebo Berhasil Eksekusi Biawak Raksasa Diatap Rumah Warga RT 12/9

Pantauan media ini, di beberapa lokasi kegiatan tampak personil Yonif 734/SNS dengan semangat memberikan pelatihan dasar PBB kepada para pelajar. Latihan dasar seperti cara memberi hormat yang benar dengan sikap sempurna. Kemudian para pelajar diajar cara berbaris yang benar, melaksanakan perintah atau aba-aba hadap kiri, hadap kanan, balik kanan maupun tata cara bergeser ke samping kiri, samping kanan maupun dasar-dasar dalam PBB.

Tampak para pelatih dari Yonif 734/SNS ini bersemangat memberi pelatihan selama beberapa jam kepada para generasi penerus bangsa ini. (MAL)

Komentar