oleh

Sinergitas TNI-Polri dan Satgas Covid-19 Kepulauan Aru Gelar Penyemprotan Disinfektan Serentak

-Daerah-23 views

Kabartoday, DOBO – Wakil Bupati Kepulauan Aru Muin Sogalrey di dampingi Kapolres Kepulauan Aru AKBP Eko Budiarto memimpin apel bersama dalam rangka penyemprotan cairan disinfektan secara serentak di seluruh Indonesia, bertempat di Halaman Kantor BNPB Jalan Pemda. Selasa (31/3/2020).

Menindaklanjuti Maklumat Kapolri dan Surat Telegram yang ditandatangani Wakapolri Nomor ST/1008/III/KES.7/2020 tertanggal 27 Maret 2020 tentang penyemprotan cairan disinfektan dalam rangka mendukung keselamatan masyakarat diperlukan gerakan secara masif dan serentak untuk meminimalisir tingkat penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Maka Polres Kepulauan Aru beserta seluruh jajaran fungsional dari satuan Brimob, Satuan Sabhara, Jajaran Polsek, TNI, Pemda Kepulauan Aru, BNPB dan Instansi terkait lainnya telah melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan secara serentak di Kota Dobo dan sekitarnya.

Kegiatan ini melibatkan ratusan personil gabungan TNI-Polri serta instansi lainnya. Kendaraan yang dilibatkan sebanyak 11 kendaraan yang terdiri dari 1 unit mobil Armoured Water Cannon (AWC) Polri, 1 unit Damkar Pemda Aru dan 9 unit Kendaraan roda empat.

BACA JUGA:  Komisi III DPRD Kab Blitar Panggil PT Greenfields Atasi Limbah Ternak
Kegiatan apel pasukan dalam rangka penyemprotan disinfektan serentak di Kabupaten Kepulauan Aru Selasa (31/3/2020)

Dalam arahannya Wakil Bupati Kepulauan Aru Muin Sogalrey ungkapkan sejak 12 Maret 2020 jajaran Pemkab Aru dan instansi terkait lainnya telah melakukan tindakan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kita Kabupaten Kepulauan Aru sudah melakukan pencegahan terhadap peredaran Covid-19Covid-19. Beberapa kegiatan yang kita lakukan antara lain penyampaian himbauan, penyemprotan disinfektan pada tempat-tempat umum, lembaga pendidikan dan pemukiman warga di kelurahan hingga sampai ke perbatasan,”ungkapnya.

Orang kedua di Pemkab Kepulauan Aru ini menyampaikan apresiasi kepada institusi kepolisian serta TNI yang tidak pernah kenal lelah dalam usaha pencegahan penyebaran Covid-19 di kawasan Bumi Jargaria ini.

“Kita perlu apresiasi kepada TNI-Polri dan semua yang terlibat dalam upaya pencegahan ini. Terhadap kesadaran masyarakat perlu ditingkatkan dalam pencegahan Covid-19 iniini dengan cara budayakan cuci tangan, gunakan masker, jaga jarak, tinggal di rumah, social distancing dan lain sebagainya,” tandasnya.

BACA JUGA:  Satgas Yonif RK 136/TS Amankan 76 Pucuk Senpi Ilegal di Maluku

Dalam kegiatan penyemprotan masal ini ia jelaskan pasukan dibagi dalam empat tim dengan sasaran pada jalur-jalur utama keramaian, rumah-rumah warga dan beberapa tempat peribadatan.

Akhirnya Wakil Bupati menyampaikan agar semua masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru selalu menjaga dan melaksanakan protokol kesehatan dan selalu memohon perlindungan, petunjuk kepada Tuhan yang maha kuasa agar dapat menolong serta menghindarkan umatnya dari bahaya Covid-19.

Di tempat yang sama Kapolres Kepulauan Aru menekankan prosedural penyemprotan disinfektan sudah sesuai standar WHO dimana tidak sembarangan melakukan penyemprotan.

“Dalam penyemprotan, ada standar yang ditetapkan WHO yang merupakan organisasi kesehatan dunia dari PBB. Dalam penyemprotan agar mengenai orang. Sasaran yang disemprot adalah benda mati yang sering di pegang manusia seperti gagang pintu rumah, lemari, pagar pintu masuk, supaya kita tidak mubasir,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Bakat Pantomim Mengalir di Akmal Bocah SD Ini

Dalam apel ini hadir juga para kepala SKPD Kabupaten Kepulauan Aru, Danlanal Aru Letkol Laut (P) Sahatro Silaban, Danramil 1503-03/Dobo, Danki Brimob Dobo dan Kabag Ops Polres Kepulauan Aru AKP Florensius Teddy.

Usai pelaksanaan apel rombongan dilepas Wabup Muin Sogalrey. Dibawah kendali Kabag Ops Polres Kepulauan Aru AKP Florensius Teddy, tim gabungan kemudian bergerak menuju sasaran masing-masing. Lewat pengeras suara tim diarahkan untuk melakukan penyemprotan melalui jalur Kantor Bupati Kepulauan Aru. Sasaran penyemprotan dilakukan pada toko, kios, halte, mobil, motor.

Rute yang dilalui melewati ruas Jalan Cenderawasih, Jalan Rabiadjala, Kompleks Waara, Perkantoran Pemda Aru, Jalan Ali Moertopo, Jalan Lukas Maerrering, Jalan Raja Sam, Jalan Wiliam Harman.

Tampak mobil AWC Polri serta damkar Pemkab menyemprotkan cairan disinfektan di sisi kanan dan kiri jalan. Sepanjang kegiatan berjalan dari pukul 10.00 WIT hingga 12.05 WIT berjalan dengan aman, tertib dan lancar. (Imanuel)

Komentar