oleh

Sosialisasi Kamtibmas Pasca Pemilu, Kapolres Roadshow Keliling Masjid di Kota Ambon

-Daerah-225 views

Kabartoday, Ambon – Situasi Kamtibmas pasca pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah hukum Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease dalam keadaan kondusif. Kondisi ini hendaknya tidak saja dipertahankan hingga penetapan pengumuman pemenang Pilpres oleh KPU Pusat pada 23 Mei mendatang, namun diharapkan dapat dipertahankan seterusnya.

Harapan ini disampaikan Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Sutrisno Hady Santoso saat bersilaturahmi dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku Abdulah Latuapo, Ketua MUI Kota Ambon Muhamad Rahanyamtel bersama para ustad dan imam masjid se-Kota Ambon Rabu (8/5) di lantai II Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku di kawasan Kapaha Kota Ambon.

“Alhamdulillah hingga saat ini situasi kamtibmas pasca pemilu dalam keadaan kondusif. Harapan saya, situasi ini kiranya dapat dipertahankan terus menerus,” ungkap Santoso.

BACA JUGA:  KKN PGRI Semarang Ajak SDN 1 Gubug Hidup Sehat

Agar situasi ini dapat terus dipertahankan, ia berharap para ustad dan imam dapat memainkan peranan penting dengan memberikan himbauan-himbauan yang menyejukan kepada umat.

Menurutnya, ada informasi berhembus bahwa di bulan Ramadhan ini ada sekelompok pihak yang tidak bertanggung jawab mau menggunakan masjid sebagai panggung untuk menyampaikan hal-hal provokatif yang bernada negatif dan inkonstitusional serta menggunakan media sosial.

Ia berharap, jika ada warga yang menemukan konten informasi bernada negatif terutama di medsos, hendaknya jangan langsung dipercaya sebelum ada pembuktian. Lebih baik hal itu diinfokan ke petugas keamanan untuk ditelusuri kebenarannya.

BACA JUGA:  Wakil Ketua DPRD Karawang Tolak Revisi Perda RTRW

Untuk terus mensosialisasikan kamtibmas kepada warga Kota Ambon khususnya umat Islam, orang nomor satu di jajaran Polres Ambon ini berniat akan melakukan roadshow ke berbagai masjid melaksanakan ibadah sholat lima waktu bersama masyarakat.

“Saya akan berkeliling masjid di Kota Ambon melaksanakan sholat lima waktu bersama. Misalnya saat sholat subuh saya di masjid A, maka pada waktu sholat Zuhur saya ada di masjid B. Demikian seterusnya,” jelasnya.

Dalam lawatannya ke masjid-. masjid, Santoso yang sebelumnya bertugas di Markas Komando (Mako) Brimob Kelapa Dua Jakarta ini akan menyampaikan sosialisasi dan himbauan kamtibmas kepada umat.

BACA JUGA:  Kepedulian Polres Serang Polda Banten, Terus Berbagi Untuk Warga kurang mampu.

Untuk itu, ia meminta kepada para ustad dan imam terus bersama-sama memainkan peranan penting ini serta berada di garda terdepan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia berharap dalam kehidupan kebersamaan sebagai warga negara Republik Indonesia hendaknya tidak mencari perbedaan tetapi lebih mencari persamaan agar bisa hidup selaras dan sejalan.

“Jika lebih banyak mencari perbedaan dengan sesama, pastinya akan membuat jurang pemisah diantara kita karena perbedaan itu. Tentunya ini alan menjadi bibit perpecahan di antara kita,” tukasnya.

Ia katakan jika dalam kehidupan bermasyarakat lebih banyak melihat kesamaan, maka tentu persatuan dan kesatuan akan kokoh. (MAL)

Komentar