oleh

SSK IV Satgas 734/SNS Gelar Donor Darah Sambut HUT RI

Kabartoday, AMBON – Batalyon Infanteri (Yonif) 734/SNS yang saat ini sebagai satuan tugas (Satgas) pengamanan daerah rawan (Pamrahwan) di Maluku dan Maluku Utara menggelar beberapa kegiatan menyambut HUT Republik Indonesia ke 74.

Salah satu kegiatan yang digelar adalah donor darah. Aksi bhakti sosial ini dilakukan oleh SSK IV Satgas Yonif 734/SNS yang bertugas di Kota Ambon. Sebanyak 18 personil dengan sukarela menyumbangkan darahnya bagi warga Kota Ambon.

Aksi bhakti sosial yang mengambil tema “Kan Kubaktikan Sampai Darah Penghabisan Bagi Kota Ambon” ini dilaksanakan Kamis (15/8) di Pos Komando Kompi SSK IV kawasan Waringin, Kelurahan Wainitu, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon. Selain menggunakan salah satu ruangan pos komando SSK IV, teras masjid Al-Mukhlisin yang terletak hanya beberapa meter dari Pos Komando juga digunakan untuk pengambilan darah.

BACA JUGA:  Jajaran Polres Halsel Mengamuk, Dana Pengamanan Pemilu 2019 Disunat Kapolresnya

Komandan SSK IV Lettu Inf Majo S Sangadji mengatakan tugas pasukan Satgas tidak semata-mata hanya untuk menjaga situasi Kamtibmas saja. Tetapi juga melakukan berbagai kegiatan pembinaan teritorial bersama masyarakat Kota Ambon yang merupakan wilayah tugasnya.

“Memang kita ditugaskan ke Kota Ambon ini sebagai pasukan Satgas Pamrahwan. Tetapi bagi kami, banyak hal lain yang bisa kami lakukan bersama warga Kota Ambon untuk menjalin kebersamaan. Salah satunya, adalah bhakti sosial donor darah yang kita lakukan sekarang ini,” ujar Sangadji, Kamis (15/8) di sela-sela kegiatan.

Ia berharap, lewat bhakti sosial yang dilakukan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ambon ini nantinya bisa membantu masyarakat Kota Ambon yang membutuhkan.

“Bhakti sosial ini kami persembahkan untuk warga Kota Ambon. Darah kami ini adalah milik warga kota yang kami titipkan di PMI. Inilah salah satu bentuk kecintaan kami terhadap Kota Ambon Manise,” katanya.

BACA JUGA:  Eks Bupati Bekasi, Divonis 6 Tahun Penjara

Sangadji yang masa kecilnya dihabiskan di Asrama Tentara Benteng Atas ini beberkan, kegiatan bhakti sosial ini merupakan salah satu bentuk pengejawantahan perintah serta arahan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq, Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Hartono, Komandan Brigif 27/Nusa Ina serta Komandan Yonif 734/SNS Letkol Inf Edwin Charles yang menegaskan dalam pelaksanaan tugas, anggota TNI AD haruslah dekat bersama rakyat di tempat tugas.

Dalam bhakti sosial ini, selain 18 personil SSK IV menyumbangkan darahnya, ada juga warga sipil di sekitar lokasi bhaksos ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya.

“Selain anggota kita, ada juga warga masyarakat yang ikut mendonorkan darahnya. Ada empat warga yang bersama kita terlibat langsung. Bagi kami, ini sebuah kebahagiaan karena ada warga sipil yang terlibat,” tandas Sangadji.

BACA JUGA:  CRC: Strategi Kampanye Kedua Elektabilitas Calon Presiden

Sementara itu, Ketua Tim PMI Wem Latumahina mengapresiasi digelarnya bhakti sosial ini. Apalagi kegiatan ini dapat dilakukan oleh hanya pada level kompi.

“Saya mewakili PMI sangat mengapresiasi bhakti sosial donor darah ini. Walaupun hanya ada 22 orang pendonor terdiri dari 18 anggota dan empat warga, tetapi sangat membantu warga Kota Ambon terutama mereka-mereka yang membutuhkan transfusi darah,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan serupa masih akan berlangsung di waktu-waktu mendatang dan bisa juga dilakukan oleh satuan-satuan TNI lainnya.

Pantauan media ini, usai pelaksanaan donor darah, petugas langsung mengamankan kantong-kantong darah ke dalam tempat pengawet yang telah disediakan. (MAL)

Komentar