oleh

Sutan Rahman Bentuk YLBH Cabang Bengkulu

KABARTODAY, JAKARTA | Hukum sebagai panglima tertinggi, Negara sudah sepatutnya melindungi segenap tumpah darah Rakyat Indonesia dan harus menjamin hak-hak kemerdekaannya, Jaminan perlindungan bagi rakyat adalah amanat konstitusi yang harus diaplikasikan secara universal. Hal itu dikatakan Aktivis sekaligus Advokat Sutan Rahman saat dikonfirmasi wartawan melalui sambungan selullarnya, Senin (11/1/2021).

Menurut ia, faktor kurangnya edukasi dan minimnya pendidikan hukum membuat masyarakat lemah sehingga termajinalkan menjadi sasaran empuk pelaku tindak kejahatan.

Aktivis yang sudah melalang buana ini juga menyebut dirinya telah membuka Yayasan Lembaga Hukum di wilayah Bengkulu. “Kami merasa terpanggil atas perlakuan hukum yang terkadang sulit dicerna akal sehat, terlebih ketika persoalan hukum mendera rakyat yang notabenenya kurang memahami bahkan tidak mengerti hukum. Untuk itu saya bentuk YLBH di Bengkulu. “Jelas Sutan.

BACA JUGA:  Kombes Pol Edy Sumardi : Polda Banten Akan Terapkan E- Tilang, Uji Coba Di 3 Titik

Hukum itu kata Sutan semakin tidak bergerak untuk kalangan masyarakat yang termajinalkan, untuk itu ia mendorong agar supremasi hukum harus di gerakan. “Hukum itu mengandung janji-janji dan harapan, maka harus diperjuangkan. “Ucapnya.

Dengan dibentuknya Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Garuda Kencana Indonesia cabang Bengkulu adalah akan menjadi garda terdepan dan pondasi utama dalam memperjuangkan keadilan masyarakat yang lemah. “SK YLBH Garuda Kencana Indonesia cabang Bengkulu sudah diserahkan oleh Sekjend DPP Lenardo Julius SH., kepada saya. “Kata Sutan.

BACA JUGA:  Cegah Penularan Wabah Corona, Makmun Murod Cek Kesehatan Warga

Sutan Rahman yang kini menjabat sebagai Ketua YLBH GKI cabang Bengkulu, berharap masyarakat dapat lebih terbuka dan lebih mengendepankan etika hukum sehingga kami dapat membetikan bantuan hukum kepada masyarakat Bengkulu yang kurang mampu dalam arti lain mereka yang tidak ada biaya untuk membayar jasa advokad. “Ulas Sutan.

Ia menjelaskan bahwa ini akan menjadi tanggungjawab besar YLBHI Garuda Kecana Bengkulu kedepan untuk mampu mengedukasi dan memberikan pendampingan hukum secara profesional dan akuntable kepada masyarakat yang lemah.[]Fer/red

Komentar