oleh

Syarat Kelulusan Siswa SMA Kristen Ambon Sesuai Peraturan Akademik Sekolah

Kabartoday, AMBON – Untuk menentukan kelulusan siswa kelas XII di SMA Kristen Yayasan Pendidikan Kristen Protestan Maluku (YPKPM) Ambon mengacu pada Peraturan Akademik Sekolah.

Hal ini diungkapkan Kepala Sekolah SMA Kristen YPKPM Ambon Ny. E Laturiuw, Senin (29/3/2021) di Kantor SMA Kristen Ambon.

“Persyaratan kelulusan, mengacu kepada peraturan akademik sekolah masing-masing,” ungkap Laturiuw.

Ia paparkan syarat kelulusan siswa sesuai peraturan akademik sekolah antara lain harus mengikuti semua program pendidikan yang ada di sekolah, baik semester ganjil maupun semester genap kelas XII. Selanjutnya mengikuti ujian praktek serta ujian akhir sekolah.

BACA JUGA:  Idul Adha 1440 H, Polres Buru Sumbang Sepuluh Ekor Hewan Kurban

Hal yang tak kalah penting juga dalam syarat kelulusan adalah kehadiran saat mengikuti program belajar dari rumah secara online.

“Prosentase kehadiran minimal harus 95 persen,” tandas Laturiuw.

Dijelaskan, evaluasi kehadiran siswa tidak dilakukan hanya saat kelulusan, tetapi dilakukan sejak para siswa mulai awal belajar secara daring.

Kantor SMA Kristen YPKPM Ambon di Jalan Diponegoro, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

“Jika sudah tiga kali tidak hadir saat belajar secara virtual maka akan ada kunjungan rumah oleh guru. Jadi tidak nanti sampai pada akhir baru kita vonis. Jadi sudah ditangani dari saat awal para siswa belajar dari rumah,” tukas Laturiuw.

BACA JUGA:  Markas Kodim Jakbar Di Geruduk Polisi

Tentang ujian bagi siswa kelas XII, ia jelaskan telah diawali dengan ujian praktek dan dilanjutkan dengan ujian akhir sekolah pada tanggal 15 hingga 19 Maret lalu secara online. Pemeriksaan hasil ujian juga secara online.

Kemudian hasil ujian akan dianalisa oleh guru mata pelajaran untuk mendapat nilai akhir.

Ia katakan, hasil ujian merupakan nilai murni. Dan untuk menentukan nilai akhir tidak dari nilai murni saja, namun akan dilihat juga nilai tugas para siswa sepanjang semester genap di kelas XII.

“Ditotalkan kemudian dianalisa, baru akan mendapatkan nilai akhir yang akan menjadi nilai raport. Setelah mendapatkan nilai raport, baru penentuan kelulusan dari sekolah,” tukas Laturiuw.

BACA JUGA:  Edan! Oknum Polisi Lampung Selingkuhi Istri Pengusaha Catering

Jumlah siswa kelas XII peserta ujian SMA Kristen YPKPM Ambon sebanyak 200 siswa. Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebanyak 117 siswa dan jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebanyak 83 siswa.

Untuk waktu pengumuman kelulusan, menurutnya akan disesuaikan dengan petunjuk teknis dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang akan diturunkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku.

“Prinsipnya untuk pengumuman kelulusan, kita dari sekolah sudah siap. Kapan saja kita siap umumkan. Tetapi kita menunggu juknis dari atas dulu,” ujarnya. (Manuel)

Komentar