oleh

Syukuran HUT ke 20, Kodam XVI/Pattimura Gelar Bukber

-Daerah-245 views

Kabartoday, Ambon – Memperingati Hari Ulang Tahun ke – 20 tanggal 15 Mei 2019, Kodam XVI/Pattimura merayakan dengan sederhana menggelar acara buka puasa bersama.

Acara syukuran yang dihadiri unsur forkopimda Maluku lainnya, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan ratusan prajurit Kodam ini dilaksanakan di Lapangan Indoor Tenis Tapal Kuda, Kediaman Pangdam, Air Salobar, Kota Ambon.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq dalam sambutannya mengungkapkan syukuran HUT Kodam ini sekaligus memperingati Hari Pattimura, pahlawan nasional asal Maluku yang ke-202. Perayaan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya

Perayaan kali ini dilakukan secara sederhana yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama dalam bentuk syukuran, doa bersama sekaligus silaturahmi jajaran Kodam XVI/Pattimura dengan lapisan masyarakat.

BACA JUGA:  Pemda Tolitoli Ambil Langkah Komkrit Atasi Kebutuhan Warga Korban Kebakaran

Dikatakan Pangdam, acara buka puasa bersama yang dirangkaikan dengan syukuran dalam rangka HUT ke-20 Kodam XVI/Pattimura kali ini adalah sebagai wujud ungkapan rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan rahmat, nikmat dan karunia-Nya selama ini bagi keluarga besar Kodam XVI/Pattimura, karena sampai pada usia ke 20 ini, Kodam XVI/Pattimura terus memberikan sumbangsih dan dedikasi yang terbaik bagi Maluku dan Maluku Utara. Harapannya semakin mempererat ikatan kebersamaan dan kekeluargaan antara Kodam XVI/Pattimura dengan seluruh komponen masyarakat, termasuk Polri, Pemerintah Daerah dan mitra yang telah dirintis selama ini.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq saat menyampaikan sambutan pada acara syukuran HUT Kodam XVI/Pattimura ke-20

“Peringatan syukuran HUT Kodam ini juga sekaligus kita peringati hari Pattimura, pahlawan nasional asal Maluku. Kita rayakan dengan sederhana bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Kita syukuran dengan buka puasa bersama,” ungkap Taufiq.

BACA JUGA:  Bidan RY Desa Tulung Balak Asal-Asalan Tangani Persalinan, Hingga Sang Bayi Meninggal

Perwira tinggi TNI berpangkat dua bintang ini mengatakan keberadaan dan sejarah lahirnya Kodam XVI/Pattimura tidak bisa dilepaspisahkan dengan kehidupan masyarakat Maluku.

“Kodam XVI/Pattimura tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat Maluku dan kehidupan masyarakat Maluku tidak bisa lepas dari Kodam,” jelasnya.

Kodam XVI/Pattimura diusia yang makin dewasa ini, harap Taufiq terus makin matang dalam hal pemahaman terhadap fungsi, tugas dan tanggung jawab sebagai alat pertahanan Negara.

Pangdam XVI/Pattimura bersama Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura Ny. Nida Marga Taufiq memotong kue ultah

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam juga mengajak seluruh keluarga besar Kodam XVI/Pattimura untuk menjadikan momen syukuran ini sebagai pendorong semangat dan motivasi dalam menjalankan tugas dengan baik agar mampu memberikan kontribusi yang optimal untuk kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:  GP Ansor Apresiasi Kinerja Polda Maluku Cegah Penyebaran Covid-19

Kekhusyukan dan khidmat syukuran serta buka puasa bersama ini kian terasa dengan tausiyah yang dibawakan oleh Ketua MUI Kota Ambon Bapak Ustadz. DR. Mohammad Rahanyamtel.

Acara tersebut diawali dengan Saritilawah Pembacaan Al-Qur’an, dilanjutkan menyaksikan video sejarah singkat Kodam XVI/Pattimura, penyerahan tali asih kepada Warakawuri dan Veteran yang diberikan langsung oleh Pangdam, didampingi Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura Ny. Nida Marga Taufiq, penyerahan penghargaan kepada Prajurit Berprestasi, pemotongan tumpeng, Buka Puasa Bersama yang dilanjutkan dengan Shalat Magrib dan Taraweh bersamaan. (MAL)

Komentar