oleh

Taman Wisata Curug Nangka Bogor Kembali Dibuka

Kabartoday, Bogor – Paska dilonggarkannya Pemberlakuan Sosial Berskala Besar (PSPB) coivd-19 untuk Kabupaten Bogor, maka Tan wisata Curug Nangka (Cunang) kembali dibuka untuk umum sejak awal Agustus 2020 lalu. Hal itu dikatakan Sukiman seorang petugas Polisi Hutan (Polhut) ketika ditemui di pos pengawasan Taman Wisata Curug Nangka, Minggu (30/8/2020).

Dikatakan Sukiman, kawasan wisata Curug Nangka yang berada di kaki Gunung Salak ini merupakan wilayah Taman Nasional Halimun Salak yang berada di ketinggian 750 mdpl dan dikelilingi hutan pinus. Meski sebelumnya wisata alam ini tak pernah surut pengunjung, namun sejak bulan Maret 2020 sejak diberlakukannya sosial distancing dan PSBB akibat merebaknya virus corona, Cunang sementara ditutup sebelum adanya pelonggaran PSPB.

Iwan, staft pemetaan (Sebelah kiri), dan Sukiman, Polhut Cunang Kab Bogor (sebelah kanan)

“Taman wisata ini dulunya ramai dikunjungi orang dari berbagai wilayah, keunikan serta panoramanya dengan ciri khas air terjun yang mempunyai tiga tahap dengan masing-masing ketinggian 10 hingga 20 meter menjadi daya tarik tersendiri. “Ucap Sukiman.

BACA JUGA:  Kapolres Situbondo: Angka Kriminalitas dan Laka Lantas Menurun

Kepala Rangger asal Pangandaran ini juga menyebut paska dibukanya PSBB oleh Bupati, maka pengawasan pengunjung untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan menjadi tugas utamanya. Sedikitnya 500 pengunjung pada waktu-waktu tertentu padati taman wisata Curug Nangka.

“Setiap weekend pastinya mencapai 500 pengunjung, pengawasan tetap kami jaga untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan. “Kata Sukiman.

BACA JUGA:  Bangunan Kost di Curug Sangereng ,Ahmad Syahril:Jika Fiks Belum Ada Izin Maka Layak Untuk Ditutup Oleh Satpol PP

Dijelaskannya, para wisatawan baik dari domestik maupun luar negeri harus tetap dengan arahan dari Pemda kab. Bogor, dengan penerapan protokol kesehatan melalui cuci tangan, wajib memakai masker, serta melakukan pengecekan suhu tubuh.

Dikabarkan sebelumnya, dampak pandemi COVID-19 memang sangat memukul bagi kawasan wisata di wilayah ini, hal ini bukan hanya dikeluhkan oleh pihak pengelolaan tapi warga disekitar tempat wisata ini pun sangat terkena imbas dari merebaknya pandemi Corona.

BACA JUGA:  Kapolda Maluku Roadshow Kunjungi Toga dan Forkopimda

“Sekarang Alhamdulillah, kawasan wisata ini sudah kembali dibuka, geliat aktivitas terlihat kembali, walaupun belum seramai seperti keadaan normal kemarin, ya… saya berharap semoga pandemi ini akan segera berakhir, dan masyarakat tahu bahwa kawasan wisata Curug nangka telah dibuka kembali, ” terangnya.

Rute Curug nangka tidaklah sulit. Kamu bisa menjangkau tempat ini dengan menggunakan Google Maps. Jangan ngaku pernah ke Bogor kalau belum pernah sampai ke Curug Nangka.[]

Komentar